Ilustrasi tentara Prancis/AFP.
Ilustrasi tentara Prancis/AFP.

Tewasnya Pimpinan ISIS Sahara Disebut Keberhasilan Besar

Internasional terorisme isis prancis politik prancis Emmanuel Macron
M Sholahadhin Azhar • 17 September 2021 03:00
Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan pemimpin kelompok Islamic State (ISIS) di Sahara Besar, Adnan Abu Walid al-Sahrawi, terbunuh pada Rabu, 15 September 2021. Menurut Macron, kematian Al-Sahrawi itu sebagai "keberhasilan besar" militer Prancis.
 
Presiden Macron menyebut pembunuhan Adnan Abu Walid al-Sahrawi sebagai "keberhasilan besar" bagi militer Prancis setelah lebih dari delapan tahun memerangi ekstremis di Sahel.
 
Baca: Tentara Prancis Bunuh Pemimpin ISIS di Sahara Barat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Prancis Emmanuel Macron mencuit bahwa al-Sahrawi "dinetralisir pasukan Prancis” tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tidak diumumkan di mana al-Sahrawi terbunuh, meskipun kelompok ISIS aktif di sepanjang perbatasan antara Mali dan Niger.
 
"Bangsa ini memikirkan malam ini semua pahlawannya yang tewas untuk Prancis di Sahel dalam operasi Serval dan Barkhane, dari keluarga yang ditinggalkan, dari semua yang terluka," tulis Macron, seperti dikutip AFP, Jumat, 17 September 2021. 
 
"Pengorbanan mereka tidak sia-sia,” kata Macron.
 
Desas-desus tentang kematian pemimpin militan telah beredar selama berminggu-minggu di Mali, meskipun pihak berwenang di wilayah itu belum mengkonfirmasinya. Tidak mungkin untuk segera memverifikasi klaim secara independen atau untuk mengetahui bagaimana sisa-sisa telah diidentifikasi.
 
"Ini adalah pukulan telak terhadap kelompok teroris ini," sebut Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly, dalam Twitter.
 
“Pertarungan kita masih berlanjut,” tambahnya.
 
Al-Sahrawi telah mengeklaim bertanggung jawab atas serangan 2017 di Niger yang menewaskan empat personel militer AS dan empat orang dengan militer Niger.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif