Ilustrasi penjara. (AFP)
Ilustrasi penjara. (AFP)

9 Orang Tewas dan 7 Terluka dalam Kerusuhan di Penjara Meksiko

Internasional narapidana Kerusuhan meksiko kerusuhan penjara
Willy Haryono • 26 Januari 2022 11:08
Mexico City: Kerusuhan terjadi di sebuah penjara di negara bagian Colima, Meksiko pada Selasa, 25 Januari 2022. Kekacauan tersebut menewaskan setidaknya sembilan narapidana dan melukai tujuh lainnya.
 
Departemen Keselamatan Publik Meksiko mengatakan, kerusuhan berawal dari perkelahian antar dua grup narapidana di salah satu blok penjara. Pihak departemen tidak menyebutkan penyebab terjadinya perkelahian.
 
Dikutip dari Washington Post, kepolisian Colima beserta tentara dan personel Garda Nasional Meksiko berhasil meredakan kerusuhan di penjara sekitar satu jam usai kejadian. Otoritas setempat mengatakan, beberapa pisau dan sebuah pistol ditemukan di beberapa sel napi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perkelahian di penjara Meksiko biasanya dipicu aksi anggota kartel narkoba. Selama ini, Colima dikenal sebagai salah satu area di Meksiko tempat berlangsungnya aktivitas jual beli narkoba.
 
Selama ini, narapidana di Meksiko terkadang mengklaim kekuasaan di beberapa bagian penjara. Klaim semacam itu sering berujung pada perselisihan dengan narapidana atau sipir penjara.
 
Pada 8 Januari, sebuah kerusuhan terjadi di penjara Apodaca di luar kota Monterrey yang dipicu aksi pemerasan oleh sekelompok narapidana. Kerusuhan tersebut melukai 56 narapidana.
 
Aldo Fasci, sekretaris keamanan publik negara bagian Nuevo Leon, mengatakan bahwa ada lima geng di penjara Apodaca yang kerap memeras uang kepada narapidana lain. Praktik semacam ini telah berlangsung lama, dan sipir cenderung sulit menghentikannya.
 
Beberapa pejabat Meksiko mengakui bahwa narapidana memang menguasai beberapa area di dalam penjara Apodaca.
 
Baca:  6 Narapidana Tewas 33 Terluka dalam Perkelahian di Penjara Filipina

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif