Petugas pemadam berjuang memadamkan kebakaran hutan di Jamul. California, AS. (Foto: AFP)
Petugas pemadam berjuang memadamkan kebakaran hutan di Jamul. California, AS. (Foto: AFP)

Asap Kebakaran Hutan AS Tingkatkan Risiko Covid-19

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Willy Haryono • 13 September 2020 17:06
Washington: Asap kebakaran hutan yang melanda sejumlah negara bagian di Amerika Serikat meningkatkan risiko penularan virus korona (covid-19). Sejumlah pakar menyebutkan bahwa buruknya kualitas udara dapat meningkatkan risiko seseorang terjangkit covid-19.
 
"Berbagai studi memperlihatkan korelasi antara tingkat polusi udara dan penyebaran serta keparahan kasus-kasus covid-19," kata Dr Brad Spellberg, kepala medis dari Los Angeles County-USC Medical Center, kepada kantor berita CNN.
 
Ia menjelaskan bahwa terpaparnya jaringan paru-paru terhadap polusi dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi virus, termasuk covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dr Rekha Murthy, pakar penyakit menular dari rumah sakit Cedars-Sinai Hospital di Los Angeles, mengatakan bahwa asap dari kebakaran hutan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di bagian paru-paru. Saat peradangan terjadi, maka individu bersangkutan semakin rentan terhadap infeksi.
 
Dilansir dari CGTN, Minggu 13 September 2020, kebakaran hutan di AS telah melanda banyak wilayah di California, Oregon, dan Washington. Dengan tingginya level polusi udara, sebagian orang memakai handuk untuk menghalangi asap polusi yang dapat masuk melalui celah-celah pintu dan jendela. Terdapat pula beberapa warga AS yang memakai masker N95 di dalam rumah.
 
Sejumlah permukiman di AS yang terkena dampak kebakaran hutan mirip dengan kota-kota Eropa usai berakhirnya Perang Dunia II. Banyak permukiman di AS kini hanya dipenuhi deretan bangunan yang hangus terbakar atau sudah rata dengan tanah.
 
Di California, total 28 titik api telah berkobar di sejumlah tempat. Lebih dari 16 ribu petugas pemadam berusaha mengendalikan kobaran api di seantero California. Secara total, korban tewas akibat kebakaran hutan di AS hampir mencapai 30 orang.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) juga memperingatkan bahwa polusi udara dari asap kebakaran hutan dapat meningkatkan risiko tertular covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif