PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: AFP)
PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: AFP)

PM Spanyol Digugat Ribuan Keluarga Pasien Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 13 Mei 2020 15:02
Madrid: Mahkamah Agung Spanyol mendengarkan gugatan dari 3.000 lebih kerabat pasien meninggal virus korona (covid-19). Gugatan itu dilayangkan kepada Perdana Menteri Pedro Sanchez dan 22 anggota Dewan Menteri Spanyol.
 
PM Sanchez dan para menterinya dinilai para penggugat telah gagal merespons kemunculan covid-19 di Spanyol. Gugatan dari ribuan orang itu diwakilkan sebelas pengacara yang berasal dari sejumlah wilayah di Spanyol.
 
Selain PM Sanchez, satu dari 22 pejabat yang menjadi target gugatan adalah Direktur Pusat Koordinasi Darurat Kesehatan Fernando Simon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 3.268 penggugat mengaku telah kehilangan total 3.274 kerabat mereka di tengah pandemi covid-19. Namun sejauh ini hanya 116 keluarga yang hadir di persidangan, karena masih banyak yang belum dapat memperlihatkan sertifikat kematian sebagai bukti.
 
"Mengecam tindakan tidak bertanggung jawab dan juga lamban yang pada akhirnya berujung bencana," tulis salah satu penggalan kalimat dalam surat gugatan kepada Pemerintah Spanyol, disitir dari Daily Express, Selasa 12 Mei 2020.
 
Yayasan Zaballos, pihak yang turut mendukung gugatan ribuan warga, juga mengkritik respons Pemerintah Spanyol terhadap kemunculan covid-19.
 
"Dari sudut pandang kami, pihak yang bertanggung jawab sudah begitu jelas. Sekarang tergantung dari sistem peradilan untuk memutuskannya," ujar Yayasan Zaballos yang dipimpin tokoh bernama Emilia Zaballos.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu 13 Mei 2020, total kasus covid-19 di Spanyol telah melampaui 228 ribu dengan 26 ribu lebih kematian dan 138.980 pasien sembuh.
 
Data terakhir Kementerian Kesehatan Spanyol mencatat tambahan 426 infeksi dan 176 kematian. Angka-angka tersebut memperlihatkan bahwa tren penurunan terus terjadi, bahkan mencapai titik terendah untuk data kematian harian covid-19.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif