PM Inggris Boris Johnson. (Andrew Parsons/10 Downing Street/AFP)
PM Inggris Boris Johnson. (Andrew Parsons/10 Downing Street/AFP)

Pelanggar Isolasi Covid-19 di Inggris Dikenai Denda Rp191 Juta

Internasional Virus Korona
Willy Haryono • 20 September 2020 10:31
London: Orang-orang di Inggris yang menolak perintah isolasi diri dapat dikenai denda hingga GBP10 ribu atau setara Rp191 juta. Mulai 28 September mendatang, seseorang harus menjalani isolasi mandiri jika dinyatakan positif virus korona (covid-19), atau pernah melakukan kontak dekat dengan individu terjangkit.
 
Rangkaian aturan terbaru dari Pemerintah Inggris juga juga meliputi bantuan dana GBP500 bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Aturan diterapkan saat kasus covid-19 di Inggris terus melonjak.
 
Sabtu kemarin, Inggris mencatat tambahan 4.422 kasus covid-19 dengan 27 kematian. Di Skotlandia, tambahan kasusnya mencapai 350, di Wales 212, dan di Irlandia Utara 222.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai denda isolasi covid-19, pelanggar pertama diwajibkan membayar GBP1000. Nilai denda akan terus bertambah hingga GBP10 ribu bagi mereka yang berulang kali melanggar.
 
"Denda GBP 100 ribu juga diterapkan bagi pelanggaran yang paling berat," ujar pemerintah Inggris, dilansir dari laman BBC, Minggu 20 September 2020. Selama ini, isolasi mandiri di Inggris hanya berupa imbauan, bukan perintah.
 
Mengumumkan rangkaian aturan baru ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menegaskan bahwa cara terbaik memerangi covid-19 adalah patuh terhadap aturan.
 
"Semua orang tidak boleh meremehkan aturan ini. Anda harus mengikuti regulasi terbaru ini jika terjangkit virus, atau memang diminta oleh NHS Test and Trace," ujar PM Johnson.
 
"Mereka yang melanggar aturan ini akan menghadapi denda signifikan," sambungnya.
 
"Kita perlu melakukan apapun yang kita bisa untuk mengendalikan penyebaran virus, untuk mencegah kelompok rentan dari infeksi, dan melindungi NHS serta nyawa masyarakat," tegas PM Johnson.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif