NEWSTICKER
Petugas medis membawa pasien covid-19 menuju sebuah rumah sakit di Panama. (Foto: TVN Noticias/AFP)
Petugas medis membawa pasien covid-19 menuju sebuah rumah sakit di Panama. (Foto: TVN Noticias/AFP)

Remaja 13 Tahun di Panama Meninggal akibat Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 24 Maret 2020 12:36
Panama City: Seorang remaja perempuan berusia 13 tahun di Panama dinyatakan meninggal akibat infeksi virus korona (covid-19). Remaja yang tak disebutkan namanya itu merupakan korban meninggal termuda akibat covid-19 di Panama, atau bahkan dunia.
 
Dikutip dari Guardian, remaja tersebut dirawat di sebuah rumah sakit khusus anak usai terjangkit korona, sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Minggu 22 Maret.
 
"Kematiannya telah dilaporkan ke sistem epidemi (Kementerian Kesehatan Panama), setelah Institut Memorial Gorgas melakukan pemeriksaan mendalam dan menentukan bahwa penyebab kematian adalah akibat komplikasi pernapasan terkait covid-19," ujar pernyataan tertulis pemerintah Panama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di hari yang sama, seorang pria berusia 92 tahun di Panama meninggal akibat korona. Tambahan dua kematian menjadikan total korban tewas akibat covid-19 di Panama menjadi lima.
 
Menurut keterangan media lokal, Panama telah mengonfirmasi 313 kasus covid-19. Pada Minggu kemarin, Panama mencatat ada 68 kasus baru covid-19, naik 28 persen dari satu hari sebelumnya.
 
Direktur Nasional Epidemi dari Kemenkes Panama, Lourdes Moreno, mengatakan kepada awak media bahwa delapan dari 10 individu positif covid-19 sedang mengisolasi diri di rumah masing-masing.
 
Hanya Menjangkiti Orang Tua?
 
Virus korona dipandang sebagai ancaman bagi orang lanjut usia atau mereka yang memiliki penyakit kronis. Hanya ada satu kematian di bawah umur 20 tahun di Tiongkok, negara tempat pertama covid-19 muncul.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok mencatat tidak ada satu pun korban meninggal akibat covid-19 yang berusia di bawah 10 tahun.
 
Namun, kasus remaja di Panama dan anak perempuan berusia 12 tahun di Georgia, yang saat ini dipasangi alat respirator, menimbulkan kekhawatiran.
 
Pekan kemarin, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis data bahwa 38 persen yang dirawat akibat korona berusia antara 20 hingga 54 tahun.
 
Masih dari data CDC, sekitar 80 persen dari total kematian akibat covid-19 di AS adalah orang berusia di atas 65 tahun. Pasien di atas 85 tahun merupakan mayoritas dari total 80 persen tersebut.
 
Universitas Johns Hopkins mencatat saat ini ada lebih dari 46 ribu kasus covid-19 di AS dengan 586 kematian.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif