Serangan Rusia di Ukraina./AFP
Serangan Rusia di Ukraina./AFP

Putin Perintahkan Gencatan Senjata, Tapi Serangan di Ukraina Masih Terjadi

Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2023 22:44
Kramatorsk: Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk melakukan gencatan senjata 36 jam untuk perayaan Natal Ortodoks. Namun, Rusia dan Ukraina masih terus melancarkan serangan di wilayah timur.
 
Rusia menghantam Kota Kramatorsk yang terletak dekat garis depan kawasan industri Donetsk yang diklaim telah dianeksasi Negeri Beruang Merah itu.
 
"Kramatorsk diserang. Tetap di tempat perlindungan," jelas Wali Kota Kramatorsk, Oleksandr Honcharenko, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 6 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Rusia juga menyerang wilayah selatan, tepatnya Kota Kherson. Serangan dilakukan tak lama setelah gencatan senjata seharusnya berlaku di Ukraina.
 
"Setidaknya ada empat ledakan. Mereka berbicara tentang gencatan senjata. Inilah siapa yang kami perangi," kata wakil kepala administrasi kepresidenan Ukraina, Kyrylo Tymoshenko.
 
Baca juga: Putin Perintahkan Gencatan Senjata Dua Hari Rayakan Natal Ortodoks
 
Sebelumnya, Putin mengumumkan gencatan senjata sementara di Ukraina. Gencatan dilakukan bertepatan Natal Ortodoks, yang dirayakan minggu ini oleh kedua negara.
 
Ini adalah pertama kalinya Rusia memberlakukan gencatan senjata penuh di Ukraina sejak peluncuran ofensif pada Februari tahun lalu.
 
Pengumuman itu datang menyusul permintaan gencatan senjata selama hari raya keagamaan dari pemimpin Ortodoks Rusia Patriarch Kirill yang berusia 76 tahun.
 
"Mengingat fakta bahwa sejumlah besar warga yang menganut Ortodoksi tinggal di daerah pertempuran. Kami meminta pihak Ukraina untuk mengumumkan gencatan senjata dan memberi mereka kesempatan untuk menghadiri kebaktian gereja pada Malam Natal, serta pada Hari Peringatan kelahiran Kristus," pungkas pernyataan pihak Istana Kremlin.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif