Ratu Elizabeth dikabarkan menginap di rumah sakit. Foto: AFP
Ratu Elizabeth dikabarkan menginap di rumah sakit. Foto: AFP

Pertama Kali dalam Beberapa Tahun, Ratu Elizabeth Menginap di Rumah Sakit

Internasional kerajaan inggris ratu elizabeth Ratu Elizabeth Menginap Rumah Sakit Ratu Elizabeth Dirawat
Fajar Nugraha • 22 Oktober 2021 06:43
London: Ratu Elizabeth menghabiskan malam di rumah sakit untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Pihak Istana Buckingham menyebutkan rumah sakit hanya melakukan 'pemeriksaan kesehatan awal' kepada Ratu yang berusia 95 tahun itu, dan kini sudah kembali ke Kastil Windsor pada Kamis (21 Oktober) di mana dia dalam kondisi yang baik.
 
Pemimpin monarki tertua dan terlama di dunia membatalkan perjalanan resmi ke Irlandia Utara pada Rabu. Istana mengatakan Ratu telah diminta untuk beristirahat oleh staf medisnya, dan bahwa penyakitnya tidak terkait dengan covid-19.
 
"Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, ratu pergi ke rumah sakit pada Rabu untuk beberapa penyelidikan awal, kembali ke Kastil Windsor saat makan siang hari ini, dan tetap dalam semangat yang baik," kata istana dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC, Jumat 22 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah sumber kerajaan mengatakan ratu telah tinggal di rumah sakit karena alasan praktis dan tim medisnya telah mengambil pendekatan yang hati-hati.
 
“Dia kembali ke mejanya untuk bekerja pada Kamis sore dan melakukan beberapa tugas ringan,” kata sumber itu.
 
Elizabeth telah menghabiskan Selasa malam menjadi tuan rumah resepsi minuman di Windsor untuk para pemimpin bisnis miliuner seperti Bill Gates setelah Perdana Menteri Boris Johnson mengadakan konferensi investasi hijau menjelang KTT Perubahan Iklim COP26.
 
Sang ratu tampak dalam keadaan sehat saat itu, tersenyum bahagia saat bertemu dengan para tamu.
 
Kepala negara, yang tahun depan merayakan 70 tahun bertakhta, dikenal karena kesehatannya yang kuat dan terakhir kali dia diperkirakan menghabiskan malam di rumah sakit adalah pada tahun 2013 ketika dia menderita gejala gastroenteritis.
 
Dia menjalani operasi yang sukses untuk mengobati katarak mata pada 2018, dan juga menjalani operasi lutut pada 2003. Namun, pejabat kerajaan enggan membahas masalah kesehatan secara umum, dengan mengatakan masalah medis bersifat pribadi.
 
Awal tahun ini, Pangeran Philip, suaminya yang berusia 99 tahun selama lebih dari tujuh dekade, meninggal di Kastil Windsor.
 
Tapi itu tidak menghentikannya untuk melakukan pertunangan resminya, meskipun usianya berarti dia telah menyerahkan lebih banyak tugas kepada putranya dan pewaris Pangeran Charles dan anggota keluarga kerajaan lainnya.
 
Awal bulan ini, dia terlihat menggunakan tongkat untuk dukungan di depan umum untuk pertama kalinya, selain setelah operasi lututnya, ketika dia tiba di sebuah kebaktian di Westminster Abbey, London.
 
Elizabeth, yang naik takhta pada 1952 ketika Inggris melepaskan kekuasaan kekaisarannya, telah melambangkan stabilitas selama beberapa generasi rakyat Inggris. Dia mempertahankan popularitas monarki meskipun ada perubahan politik, sosial dan budaya seismik yang mengancam menjadikannya sebuah anakronisme.
 
Dedikasi yang tenang dan tidak mengeluh untuk tugas ratu, bahkan di usia tua, telah membuatnya mendapatkan rasa hormat yang luas baik di Inggris maupun di luar negeri, bahkan dari kaum republiken yang ingin menghapuskan institusi tersebut.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif