Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta.
Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta.

RI-AS Bangun Hubungan Antarmasyarakat yang Kuat Lewat IVLP

Internasional amerika serikat indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 10 November 2020 17:44
Jakarta: Salah satu tugas duta besar adalah membangun hubungan kuat dengan negara yang menjadi tempatnya bertugas. Karenanya, memperkuat hubungan dengan Indonesia menjadi salah satu prioritas Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Kim.
 
"Peran saya yang paling penting adalah memperkuat hubungan Indonesia- Amerika Serikat dan hubungan antarmasyarakat menjadi pusatnya," kata Dubes Kim kepada para alumni program International Visitor Leadership Programme (IVLP), Selasa, 10 November 2020.
 
Kim menuturkan program ini menjadi salah satu cara memperkuat hubungan antarmasyarakat kedua negara. Menurutnya, program tersebut membuat para alumni memiliki peran penting dalam menyatukan hubungan Indonesia dan AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program ini dilahirkan untuk perubahan positif. Selama 80 tahun, IVLP telah membuktikan cara-cara untuk membangun jembatan antara warga AS dengan warga seluruh dunia," tuturnya.
 
Ia menambahkan, program ini memperkenalkan tokoh ternama dari semua sektor budaya maupun masyarakat di Amerika Serikat.
 
"Kami merancang proposal IVLP sesuai dengan permasalah dalam kebijakan penting yang dimiliki kedua negara, dan kami mencari pemimpin potensial untuk bisa berkunjung ke Amerika untuk kesempatan ini," imbuh Dubes Kim.
 
Ia juga berharap kisah menarik para alumni program pertukaran tersebut menjadi inspirasi masyarakat. Dubes Kim menuturkan tugas penting para alumni adalah menjembatani kesenjangan pengetahuan yang masih ada di kedua negara.
 
"Menurut saya, para alumni memiliki peran yang penting sekali, dan saya ingin menantikan bertemu dengan Anda dan memastikan Anda memainkan peran tersebut," pungkasnya.
 
IVLP merupakan program pertukaran di bidang pendidikan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Program ini sudah berumur 80 tahun dan memiliki 79 alumni dari Indonesia.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif