Sarco, mesin yang dapat membantu seseorang melakukan bunuh diri tanpa rasa sakit. (Exit International)
Sarco, mesin yang dapat membantu seseorang melakukan bunuh diri tanpa rasa sakit. (Exit International)

Swiss Bakal Luncurkan Mesin Bunuh Diri Tanpa Rasa Sakit

Internasional bunuh diri Swiss
Medcom • 08 Desember 2021 13:17
Bern: Kapsul berbentuk seperti peti mati, yang menjanjikan kematian relatif tidak menyakitkan dan damai dalam waktu kurang dari satu menit, telah melewati tinjauan hukum di Swiss. Kematian dalam alat ini terjadi melalui hipoksia dan hipokapnia, dengan mengurangi pasokan oksigen di tubuh seseorang hingga ke tingkat kritis.
 
Mesin ini dapat dioperasikan dari dalam kapsul, bahkan hanya dengan kedipan mata jika pengguna menderita sindrom locked-in -- suatu kondisi di mana pasien sadar namun tidak dapat bergerak atau berkomunikasi secara verbal karena kelumpuhan total hampir di semua otot sukarela kecuali mata.
 
Dilansir dari India Today, Rabu, 8 Desember 2021, prosedur penggunaan mesin ini diawali dengan pemilihan lokasi. Mesin akan dibawa ke lokasi yang diinginkan pengguna, dan nantinya kapsul yang dapat terurai secara alami di dalam tanah itu dilepaskan dari alasnya agar terlihat seperti peti mati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Organisasi Nirlaba Exit International, Dr Philip Nitschke atau juga dikenal sebagai Dr Death, merupakan otak di balik kotak bunuh diri ini. Menurut Exit International yang telah mengembangkan mesin tersebut, sekitar 1.300 orang di Swiss telah menjalani prosedur "bunuh diri dengan bantuan" sepanjang tahun lalu.
 
"Kami berharap dapat menghadirkan Sarco secara luas di Swiss tahun depan. Ini adalah proyek yang sangat mahal, tetapi kami pikir kami sudah hampir mencapai tahap implementasi," kata Nitschke.
 
Tidak semua orang senang dengan mesin ini. Menurut laporan Independent, Sarco dianggap sejumlah orang mirip dengan "kamar gas yang diglorifikasi." Bahkan, beberapa orang berpendapat bahwa mesin itu cenderung mengagung-agungkan praktik bunuh diri.
 
Baca:  Mengenal Suicide Contagion dalam Perilaku Bunuh Diri
 
Saat ini hanya ada dua prototipe Sarco di dunia. Exit International sedang membuat mesin ketiga lewat skema percetakan 3 dimensi, yang diharapkan dapat beroperasi di Swiss tahun depan. (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif