Serangan misil di kota Kharkiv, Ukraina./AFP
Serangan misil di kota Kharkiv, Ukraina./AFP

Perang Rusia-Ukraina Akan Memasuki Fase Baru

Marcheilla Ariesta • 06 Agustus 2022 21:42
Kiev: Perang di Ukraina diperkirakan akan memasuki fase baru di saat pasukan Rusia berkumpul di wilayah selatan. Sejumlah analis Barat meyakini Moskow kini sedang dalam mode mengantisipasi serangan balasan dari Ukraina. Ukraina mengatakan Rusia saat ini tengah memberlakukan posisi defensif di wilayah selatan.
 
Pembaruan data intelijen dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa konvoi tank, truk, dan senjata Rusia sedang dipindahkan ke selatan dari wilayah Donbas timur.
 
Ada juga laporan tentang peralatan yang dipindahkan dari Mariupol yang diduduki Rusia dan dari Krimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Batalion yang berkumpul di Krimea kemungkinan besar akan dikirim ke wilayah Kherson dalam beberapa hari mendatang," kata Kemenhan Inggris, dilansir dari AFP, Sabtu, 6 Agustus 2022.
 
Baca juga: Sekjen PBB Segera Luncurkan Penyelidikan Pengeboman Penjara Ukraina
 
"Perang Rusia di Ukraina akan memasuki fase baru, dengan pertempuran terberat bergeser ke garis depan sekitar 350 kilometer yang membentang ke barat daya dari dekat Zaporizhzhia ke Kherson," sambung mereka.
 
Ukraina diyakini akan menghancurkan jembatan, depot amunisi dan jalur kereta api untuk melemahkan kemampuan Rusia dalam menyalurkan berbagai pasokan kebutuhan untuk pasukannya.
 
Sementara itu, Rusia mengaku telah menembak jatuh tiga rudal balistik di dekat Kherson, kota besar pertama yang didudukinya setelah menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.
 
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukannya secara bertahap bergerak maju di Kherson dan Kharkiv dalam upaya mendapatkan kembali wilayah yang direbut Rusia. Ia menegaskan bhwa Rusia telah menyebabkan situasi yang sangat berisiko bagi semua orang di Eropa.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif