Dr Anthony Fauci diancam dibunuh karena pandangannya mengenai pandemi covid-19. Foto: AFP
Dr Anthony Fauci diancam dibunuh karena pandangannya mengenai pandemi covid-19. Foto: AFP

Kerap Tak Sepaham dengan Trump, Ilmuwan AS Diancam Dibunuh

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 06 Agustus 2020 09:49
Washington: Dr Anthony Fauci adalah sosok ilmuwan yang memegang peran penting dalam perang Amerika Serikat (AS) melawan virus korona covid-19. Namun karena kerap tak sepaham dengan Presiden Donald Trump, Fauci mengaku diancam dibunuh.
 
Tidak hanya diancam dibunuh, keluarga Fauci juga menjadi incaran kekerasan dari pihak yang tidak suka dengan pernyataan yang dikeluarkan terkati pandemi covid-19. Salah satu insiden menyebutkan bahwa putrinya dilecehkan oleh orang tak dikenal.
 
"Mendapat ancaman pembunuhan untuk saya dan keluarga serta melecehkan putri saya sampai-sampai harus mendapatkan keamanan lebih. Maksud saya, itu luar biasa," kata Fauci, seperti dikutip CNN, Kamis 6 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fauci, yang memainkan peran kunci di Satuan Tugas Covid-19 Gedung Putih, tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang ancaman dan pelecehan tersebut. Tetapi dia mengatakan dia dan istrinya, dan ketiga putrinya, yang tinggal di tiga kota yang terpisah, mengalami tekanan.
 
"Saya berharap mereka tidak harus melalui itu," kata Fauci. Dia membuat komentarnya pada Rabu dalam forum online yang disponsori oleh Universitas Harvard yang dimoderatori oleh Dr. Sanjay Gupta dari CNN.
 
Fauci telah memimpin Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular ASsejak 1984 dan telah menasihati enam presiden tentang masalah kesehatan masyarakat. Dalam beberapa bulan terakhir, dia terkadang membuat pernyataan yang bertentangan dengan Presiden Trump.
 
"Saya tidak akan membayangkan bahwa orang-orang yang menolak hal-hal yang merupakan prinsip kesehatan masyarakat. Mereka tidak menyukai apa yang Anda dan saya katakan, yaitu dalam kata sains, bahwa mereka sebenarnya mengancammu. Maksudku, itu aneh bagiku,” ucap Fauci.
 
Lebih lanjut Fauci menyebut ancaman dan pelecehan sebagai "hal-hal yang tidak pantas yang ditimbulkan oleh krisis di dunia”. Dia menambahkan bahwa hal itu memunculkan yang terbaik dari seseorang dan membuka kedok orang yang terburuk.
 
Fauci tidak sendirian dalam menerima ancaman untuk bekerja di bidang kesehatan masyarakat menanggapi pandemi. Pejabat kesehatan lokal di seluruh AS telah melaporkan mendapatkan komentar yang mengancam secara online.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif