Gubernur Michigan Gretchen Whitmer jadi sasaran penculikan. Foto: AFP
Gubernur Michigan Gretchen Whitmer jadi sasaran penculikan. Foto: AFP

Gubernur di AS Jadi Target Penculikan, 13 Orang Ditangkap

Internasional amerika serikat penculikan
Fajar Nugraha • 09 Oktober 2020 07:53
Michigan: Penegak hukum Amerika Serikat (AS) telah menangkap 13 orang karena rencana yang gagal untuk menculik Gubernur Michigan Gretchen Whitmer. Whitmer adalah gubernur dari Partai Demokrat.
 
“Skema yang diduga melibatkan perencanaan berbulan-bulan dan pelatihan dilakukan oleh pihak digambarkan sebagai milisi. Mereka bahkan memiliki rencana untuk menculik Whitmer di rumah peristirahatannya,” menurut pernyataan tertulis dari agen khusus FBI Richard Trask, pada Kamis 8 Oktober 2020 yang dikutip ABC, Jumat 9 Oktober 2020.
 
Sebanyak enam pria didakwa di pengadilan federal, sementara tujuh lainnya dituduh berusaha menargetkan polisi dan Capitol dituntut di pengadilan negara bagian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya kami mengungkap rencana rumit untuk membahayakan nyawa petugas penegak hukum, pejabat pemerintah dan masyarakat luas," kata Jaksa Agung Michigan Dana Nessel pada konferensi pers.
 
Mereka yang didakwa di pengadilan federal ditangkap Rabu malam dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah.
 
Pengaduan kriminal mengidentifikasi mereka sebagai Adam Fox, Ty Garbin, Kaleb Franks, Daniel Harris, Brandon Caserta yang semua berasal dari Michigan kecuali Barry Croft dari Delaware.
 
Mereka dijadwalkan hadir di pengadilan Kamis atau Jumat waktu Indonesia. Andrew Birge, pengacara AS di Michigan barat, menyebut mereka ‘ekstremis brutal’.
 
“Empat orang berencana bertemu Rabu untuk melakukan pembayaran bahan peledak dan bertukar perlengkapan taktis,” kata FBI dalam pengajuan pengadilan.
 
"Kami semua di Michigan bisa tidak setuju tentang politik, tapi ketidaksepakatan itu tidak boleh berujung dengan kekerasan," tegas Jaksa Detroit AS Matthew Schneider kepada wartawan.
 
(OGI)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif