WHO akan kirim tim baru untuk menyelidiki asal-usul pandemi covid-19. Foto: AFP
WHO akan kirim tim baru untuk menyelidiki asal-usul pandemi covid-19. Foto: AFP

WHO Luncurkan Tim Baru untuk Selidiki Asal-usul Pandemi Covid-19

Internasional WHO covid-19 pandemi covid-19 Tim Penyelidik Covid-19 WHO Asal-Usul Covid-19
Fajar Nugraha • 14 Oktober 2021 11:59
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu 13 Oktober meluncurkan tim ilmuwan yang ingin menyelidiki patogen baru dan mencegah pandemi di masa depan. Tim ini juga menghidupkan kembali penyelidikan yang terhenti tentang asal-usul covid-19.
 
Kelompok yang terdiri dari 26 ahli akan ditugasi untuk menghasilkan kerangka kerja global baru untuk studi tentang asal-usul patogen yang muncul dari potensi epidemi dan pandemi. Tugas mereka termasuk memeriksa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit COVID-19.
 
Selain krisis covid-19, semakin banyak patogen berisiko tinggi yang muncul atau muncul kembali dalam beberapa tahun terakhir, termasuk MERS, virus flu burung, Lassa, Marburg, dan Ebola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WHO mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan membentuk Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Asal Usul Patogen Novel (SAGO).
 
"Munculnya virus baru yang berpotensi memicu epidemi dan pandemi adalah fakta alam, dan meskipun SARS-CoV-2 adalah virus terbaru, itu bukan yang terakhir," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip AFP, Kamis 14 Oktober 2021.
 
"Memahami dari mana patogen baru berasal sangat penting untuk mencegah wabah di masa depan,” imbuh Ghebreyesus.

'Saran CEPAT'

Ke-26 anggota yang diajukan WHO dipilih dari lebih dari 700 bidang aplikasi dan diambil dari berbagai disiplin ilmu. Dan tim yang ditunjuk WHO akan menjalani konsultasi publik selama dua minggu.
 
Halaman Selanjutnya
  Mereka termasuk…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif