Presiden AS Joe Biden tegaskan akan bela Taiwan jika diserang Tiongkok. Foto: AFP
Presiden AS Joe Biden tegaskan akan bela Taiwan jika diserang Tiongkok. Foto: AFP

Biden Tegas Bela Taiwan, Hadapi Kebijakan Ambigu AS

Internasional Tiongkok joe biden taiwan Biden Dukung Taiwan
Marcheilla Ariesta • 22 Oktober 2021 14:37
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, negaranya akan membela Taiwan jika diserang Tiongkok. Ia menegaskan, hal tersebut adalah komitmen mereka terhadap pulau tersebut.
 
Namun, pernyataan Biden bertentangan dengan kebijakan lama AS yang dikenal sebagai 'ambiguitas strategi', di mana Washington membantu membangun pertahanan Taiwan, tapi tidak secara eksplisit berjanji membantu pulau itu.
 
Baca: Biden Katakan ‘Ya', AS Akan Dukung Taiwan Lawan Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya. Kami memiliki komitmen untuk itu," kata Biden, dilansir dari CNN, Jumat, 22 Oktober 2021.
 
Biden juga pernah membuat janji serupa pada Agustus lalu. Ia mengatakan AS akan selalu membela Taiwan sebagai sekutunya.
 
Sementara itu, beberapa waktu lalu Tiongkok kesal karena AS dan Kanada mengirimkan kapal perang melalui Selat Taiwan. Tiongkok menegaskan, aksi AS dan Kanada mengancam perdamaian dan stabilitas kawasan tersebut.
 
Beijing menganggap Taipei yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai provinsi pemberontak. Tiongkok ingin Taiwan kembali reunifikasi dengan mereka, jika perlu menggunakan kekerasan.
 
Negeri Tirai Bambu sudah melakukan misi angkatan udara berulang kali ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ) dalam setahun terakhir. Langkah Tiongkok memicu kemarahan Taiwan.
 
Tiongkok mengirim sekitar 150 pesawat ke zona itu selama periode empat hari yang dimulai pada 1 Oktober. Langkah yang memicu ketegangan semakin para antara Beijing dan Taipei ini memicu kekhawatiran internasional.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif