Kapal rumah sakit UNSNS Comfort. (Foto: AFP / Bryan R. Smith)
Kapal rumah sakit UNSNS Comfort. (Foto: AFP / Bryan R. Smith)

Trump Siapkan Kapal RS untuk Pasien Covid-19 Asal New York

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 07 April 2020 18:13
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyetujui penggunaan kapal rumah sakit USNS Comfort untuk dijadikan sebagai fasilitas penanganan pasien virus korona (covid-19) di negara bagian New York. Pernyataan disampaikan saat jumlah kematian akibat covid-19 di AS telah melampaui 10 ribu.
 
Penggunaan USNS Comfort sebagai rumah sakit covid-19 merupakan respons Trump atas permohonan Gubernur New York Andrew Cuomo. Sejauh ini, New York masih menjadi negara bagian penyumbang jumlah kasus dan kematian tertinggi akibat covid-19 di AS.
 
"(USNS Comfort) sebenarnya sama sekali bukan diperuntukkan bagi virus. Kapal tersebut sudah siap digunakan, dan jika kita memang membutuhkannya untuk (penanganan) virus, maka kita akan menggunakannya," ungkap Trump, seperti dikutip dari UPI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins hingga Selasa 7 April 2020 petang, AS mencatat lebih dari 368 ribu infeksi covid-19. Sementara angka kematian totalnya kini hampir mencapai 11 ribu.
 
Cuomo mengatakan angka kasus dan kematian di New York sudah mulai menurun. Namun ia menegaskan semua pihak untuk tidak berpuas diri, karena lonjakan masih mungkin terjadi.
 
"Angka kasusnya masih bisa naik atau turun. Semua tergantung dengan apa yang kita lakukan saat ini," sebut Cuomo.
 
Menurut Cuomo, sistem layanan kesehatan di seantero New York sudah mencapai kapasitas maksimal. Sejumlah kamar mayat di New York juga demikian, yang hampir seluruhnya penuh karena tingginya gelombang korban meninggal.
 
Mengenai penutupan wilayah atau lockdown, Cuomo telah memperpanjang kebijakan tersebut untuk seantero New York hingga 29 April mendatang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif