Seorang warga mencari sisa-sisa barang berharga di rumahnya yang hangus terbakar dalam kebakaran hutan di Estacada, Oregon, AS. (Foto: AFP)
Seorang warga mencari sisa-sisa barang berharga di rumahnya yang hangus terbakar dalam kebakaran hutan di Estacada, Oregon, AS. (Foto: AFP)

Korban Tewas Kebakaran Hutan AS Jadi 33 Orang

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Willy Haryono • 14 September 2020 08:19
California: Jumlah korban tewas dari kebakaran hutan yang melanda sejumlah negara bagian di Amerika Serikat telah bertambah menjadi 33 orang. Sementara puluhan orang yang dinyatakan hilang dalam kebakaran hutan musim ini sudah hampir semuanya ditemukan.
 
Kebakaran hutan di wilayah West Coast AS telah menghancurkan sejumlah permukiman warga, dan membuat banyak bangunan dan mobil hangus terbakar. Puluhan ribu orang dari area terdampak telah dievakuasi ke sejumlah tempat penampungan.
 
Asap dari kebakaran hutan tertiup angin dan mencapai beberapa kota besar, termasuk Seattle, San Francisco, dan juga Portland, Oregon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belasan ribu petugas pemadam terus berjuang memadamkan kobaran api yang tersebar di hampir 100 titik. Menurut laporan CNN, luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan musim ini di AS telah mencapai lebih dari 4,6 juta aker (setara 1,8 juta hektare).
 
Dilansir dari laman The National, Senin 14 September 2020, sedikitnya 10 orang tewas dalam kebakaran hutan di Oregon dalam sepekan terakhir ini. Sebanyak 40 ribu warga Oregon telah mengungsi atau dievakuasi petugas dari rumah masing-masing.
 
Otoritas Oregon mengatakan, sejumlah orang masih dinyatakan hilang, dan angka korban tewas dikhawatirkan dapat kembali meningkat. Hingga Minggu 13 September pagi waktu setempat, terdapat 34 titik api aktif di seantero Oregon.
 
Di California, kebakaran hutan telah menewaskan 22 orang, dan satu lainnya dari negara bagian Washington. Ribuan rumah dan bangunan lainnya di dua negara bagian itu hangus dilalap api kebakaran hutan.
 
Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dikabarkan hendak mengunjungi area terdampak kebakaran hutan di California pada Senin ini. Rencana kunjungan disampaikan Gedung Putih, usai munculnya kecaman terhadap Trump yang terkesan diam atas kebakaran hutan di wilayah West Coast AS.
 
Nantinya, Trump akan bergabung dengan jajaran pejabat federal dan lokal dalam membicarakan langkah-langkah penanganan kebakaran hutan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif