Relawan Medis Wanita Ditembak Mati Israel di Perbatasan Gaza
Demonstran bentrok dengan petugas keamanan Israel di pagar perbatasan timur Jalur Gaza, 1 Juni 2018. (Foto: AFP/MAHMUD HAMS)
Gaza: Seorang wanita muda yang menjadi relawan medis ditembak mati prajurit Israel dalam kelanjutan unjuk rasa dan bentrokan di sepanjang pagar perbatasan Gaza.

Razan al-Najjar, 21, ditembak di dekat Khan Yunis di wilayah selatan dari pagar perbatasan. Total warga Gaza yang tewas dalam bentrokan dengan Israel sejak akhir Maret mencapai 123 orang.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra, Najjar adalah seorang relawan dari otoritas setempat. Ia mengenakan seragam putih relawan medis saat ditembak di bagian dada. 


Seorang jubir militer Israel mengaku sedang menyelidiki laporan penembakan tersebut.

Dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari AFP, Sabtu 2 Juni 2018, militer Israel mengatakan "ribuan orang" berkumpul di lima lokasi dekat perbatasan, "membakar ban dekat pagar dan berusaha merusak infrastruktur keamanan."

Israel mengklaim ada seorang warga Palestina yang menyeberangi pagar, menanam granat dan kembali ke Gaza. Israel menegaskan militernya hanya bertindak "sesuai dengan aturan."

Unjuk rasa sejak Maret lalu mendesak agar warga Palestina yang melarikan diri atau diusir pada perang 1948 diizinkan pulang ke tanah mereka, yang kini sudah menjadi milik Israel.

Kerusuhan memuncak pada 14 mei, saat sedikitnya 61 warga Palestina tewas dalam bentrokan buntu protes pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke Yerusalem.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360