ilustrasi hukuman mati. Medcom.id/M Rizal.
ilustrasi hukuman mati. Medcom.id/M Rizal.

Tiga WN Prancis Gabung ISIS akan Dihukum Mati

Internasional isis
Marcheilla Ariesta • 27 Mei 2019 08:18
Baghdad: Pengadilan Irak menjatuhkan hukuman mati kepada tiga warga negara Prancis. Mereka akan dieksekusi karena bergabung dengan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).
 
Ketiga orang ini adalah anggota ISIS asal Prancis pertama yang menerima hukuman mati di Irak. Banyak dari orang asing yang bergabung dengan ISIS ditangkap usai kelompok itu kehilangan benteng terakhirnya di Suriah tahun lalu.
 
Tiga WN Prancis itu adalah Kevin Gonot, Leonard Lopez, dan Salim Machou, seperti dilansir dariVoice of America, Senin, 27 Mei 2019. Mereka merupakan tiga dari 12 warga Prancis yang ditangkap di Suriah oleh Pasukan Demokrat Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka dipindahkan ke tahanan Irak pada Februari lalu," ujar sumber pengadilan.
 
Senin lalu, pria Prancis lainnya dan seorang perempuan Jerman dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Irak karena menjadi anggota ISIS. Nadia Rainer Hermann, 22, dan Lahcen Ammar Gueboudj mengaku tidak bersalah karena bergabung dengan ISIS.
 
Human Rights Watch dan kelompok-kelompok hak asasi lainnya mengecam pengadilan antiteror Irak. Human Right Watch mengatakan pengadilan Irak umumnya bergantung pada bukti atau pengakuan tidak langsung yang didapat dari penyiksaan.
 
Menurut laporan Amnesty International pada April lalu, Irak berada di urutan kelima teratas sebagai 'algojo' di dunia.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif