Asap hitam dari lokasi kilang minyak Aramco yang diserang. Foto: AFP
Asap hitam dari lokasi kilang minyak Aramco yang diserang. Foto: AFP

AS Siapkan Tanggapan Terhadap Serangan Minyak Saudi

Internasional amerika serikat arab saudi iran
Fajar Nugraha • 17 September 2019 09:22
Washingon: Amerika Serikat menyiapkan tanggapannya Senin terhadap serangan "belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap fasilitas minyak Arab Saudi ketika Presiden Donald Trump mengatakan Iran kemungkinan akan disalahkan, mengipasi kekhawatiran baru konflik di kawasan Teluk.
 
Trump mengatakan dia siap membantu sekutu penting Arab Saudi setelah serangan pesawat tak berawak akhir pekan lalu. Serang memicu rekor kenaikan harga minyak global, tetapi akan menunggu hasil penyelidikan tentang siapa yang bertanggung jawab.
 
"Kami memiliki banyak pilihan," kata Presiden AS itu kepada wartawan, dengan mengatakan tidak ada reaksi terburu-buru dan bahwa pembicaraan dengan sekutu akan didahulukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aku tidak ingin terlibat dalam konflik baru, tetapi kadang-kadang kamu harus," kata Trump, seperti dikutip AFP, Selasa, 16 September 2019.
 
"Itu adalah serangan yang sangat besar, dan itu bisa dipenuhi dengan serangan, berkali-kali lebih besar. Tentu saja, kelihatannya seperti Iran," tambah Presiden Trump.
 
Setelah bertemu dengan Trump, Menteri Pertahanan AS Mark Esper juga memilih Iran sebagai kekuatan destabilisasi regional, sementara berhenti secara langsung menuduh Teheran atas serangan itu.
 
Militer AS, katanya, bekerja dengan para mitranya untuk "mengatasi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan mempertahankan tatanan berdasarkan aturan internasional yang sedang dirusak oleh Iran."
 
Menurut Trump, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Namun tidak diketahui rincian waktu kedatangannya.
 

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif