Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing asal Karawang, dibebaskan dari hukuman mati di Arab Saudi. (Foto: Dok. KBRI RIyadh).
Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing asal Karawang, dibebaskan dari hukuman mati di Arab Saudi. (Foto: Dok. KBRI RIyadh).

12 WNI Masih Terjerat Hukuman Mati di Arab Saudi

Internasional perlindungan wni
Marcheilla Ariesta • 25 April 2019 15:34
Jakarta: Sebanyak 12 warga negara Indonesia (WNI) masih terjerat hukuman mati di Arab Saudi. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan sembilan dari 12 orang tersebut terkait kasus pembunuhan.
 
Baca juga: Lolos dari Hukuman Mati di Arab Saudi, Dua WNI Dipulangkan.
 
"Data per April 2019, WNI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi adalah sebagai berikut, total 12. Dari data tersebut, sembilan karena kasus pembunuhan, dan tiga kasus lainnya," ujar Arrmanatha di kantor Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 25 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemarin, dua WNI yang terbebas dari hukuman mati dipulangkan ke Indonesia. Menurut Arrmanatha, kasus dua WNI tersebut sudah diputuskan dari akhir tahun lalu.
 
"Mereka baru pulang kemarin karena ada upaya banding dari keluarga korban," imbuh dia.
 
Sumartini binti Manaungi Galisung asal NTB dan Warnah binti Ni’ing, asal Karawang, berhasil dibebaskan oleh KBRI Riyadh. Keduanya sudah dikembalikan ke keluarga oleh Kementerian Luar Negeri pada Rabu, 24 April 2019.
 
Baca juga: Kemenlu RI Serah Terima Dua WNI Lolos Hukuman Mati Saudi.
 
Kasus keduanya bermula saat majikan menuduh mereka telah melakukan ilmu hitam kepada keluarga majikan. Tidak hanya majikan yang menuntut hukuman mati tapi 15 anggota keluarga juga menuntut vonis yang sama.
 
Setelah melalui perdebatan yang alot, tim dari KBRI berhasil meyakinkan Pemerintah Arab Saudi, akhirnya keduanya dapat meninggalkan Arab Saudi menuju tanah air pada Selasa, 23 April 2019 pukul 15.20 dengan pesawat Oman Air.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif