Jet Tempur Israel Tembak Kapal Perang Hamas
Jet tempur Israel masih terus melakukan serangan di Gaza (Foto: AFP).
Gaza: Jet tempur milik militer Israel melepaskan serangan terhadap sebuah kapal yang berasal dari Gaza pada Rabu 22 Mei 2018. Tidak diketahui apakah ada korban jiwa.
 
"Pesawat tempur kami berhasil menghantam sebuah target militer yang dimiliki oleh kekuatan angkatan laut Hamas," ujar pernyataan militer Israel, seperti dikutip Press TV, Rabu 23 Mei 2018.
 
"Selain itu serangan juga diarahkan ke infrastruktur bawah tanah yang juga dimiliki oleh Hamas di wilayah utara Gaza," jelas pernyataan tersebut.
 
Menurut Israel, serangan udara itu dilakukan sebagai respons atas aksi beberapa warga Palestina di Gaza, berupaya mendobrak masuk pagar perbatasan ke wilayah Israel. Warga kemudian menyulut api di sebuah pos keamanan.
 
Israel sempat melakukan serangan balasan dengan mengerahkan tank. Namun serangan tank itu tidak menimbulkan korban jiwa.
 
Sementara penyerangan melalui serangan udara ini terjadi saat kapal itu hendak bertemu dengan kapal yang membawa bantuan ke Gaza. Kapal bantuan ini bermaksud menuju Gaza.
 
Tidak hanya perbatasan darat, Israel juga menutup perbatasan laut menuju Gaza. Beberapa kali kapal yang hendak berlabuh di Gaza, berhasil diusir tanpa sempat menepi.
 
Kekerasan di perbatasan Israel dan Gaza mencapai puncaknya pada 14 Mei lalu. Saat itu, 62 warga Palestina terbunuh oleh serangan militer Israel.
 
Sejak protes perbatasan dimulai pada 30 Maret, sudah 110 warga Palestina dilaporkan terbunuh. Meskipun Israel dikecam dunia internasional, mereka bersikeras penembakan ke arah warga Palestina adalah bentuk pembelaan diri.
 
Tercata dua juta warga Palestina tinggal di perbatasan itu. Sebagian besar dari mereka adalah keturunan dari pengungsi yang menyelamatkan diri atau terpaksa diusir dari rumah saat pertempuran antara Yahudi dan Arab, di saat pembentukan Israel.
 
Diperkuat jet tempur canggih
 
Kekuatan Angkatan Udara Israel terus bertambah. Kali ini Israel sudah mengoperasikan pesawat tempur termahal buatan Amerika Serikat.
 
(Baca: Israel Operasikan Pesawat Tempur Termahal Buatan AS).
 
Pesawat tempur siluman F-35 sudah dilibatkan dalam operasi militer sungguhan. Pesawat ini termasuk yang termahal di dunia.
 
"Kami menerbangkan F-35 di seluruh Timur Tengah dan telah menyerang dua kali di lokasi berbeda di Beirut, Lebanon," kata Komandan AU Israel Mayor Jenderal Amikam Norkin, dikutip dari BBC, Rabu 23 Mei 2018.
 
Norkin melanjutkan, Israel memesan 50 unit jet tempur multiperan bermesin tunggal itu, dan sudah menerima sembilan di antaranya. Untuk mendapatkan 50 unit tersebut, Israel harus menggelontorkan USD7,2 miliar atau sekitar Rp101,7 triliun.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360