Mantan PM Israel Ehud Barak. (Foto: AFP)
Mantan PM Israel Ehud Barak. (Foto: AFP)

Mantan PM Israel Bentuk Partai Baru Tantang Netanyahu

Internasional israel
Sonya Michaella • 27 Juni 2019 09:47
Tel Aviv: Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Barak mengumumkan dirinya resmi kembali ke dunia politik dengan membentuk partai baru untuk menantang Benjamin Netanyahu.
 
Barak juga akan ikut dalam kampanye pemilu ulang Israel yang akan datang usai legislatif dibubarkan pada bulan lalu. Pemilu ulang rencananya digelar pada 17 September 2019.
 
"Saya datang kembali untuk mengakhiri korupsi yang dibuat oleh Netanyahu dan saya mengumumkan pembentukan partai baru," kata Barak, dikutip dari AFP, Kamis 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disinyalir, partai baru bentukan Barak ini akan berkoalisi dengan partai tengah dan partai sayap kiri mengalahkan Partai Likud yang dinaungi Netanyahu.
 
Baca:Israel Gelar Pemilu Ulang
 
Bahkan, sebuah jajak pendapat yang digelar televisi nasional meramalkan Barak dan partai barunya akan memenangkan cukup banyak kursi di parlemen.
 
Barak merupakan perdana menteri Israel dari 1999 hingga 2001. Barak juga menginisiasi pembicaraan damai yang sebelumnya gagal dengan Palestina dan Suriah.
 
Barak, yang juga mantan kepala angkatan bersenjata dan tentara Israel, sempat menjabat sebagai menteri pertahanan pada 2007 hingga 2013 dalam pemerintahan Perdana Menteri Ehud Olmert dan Netanyahu.
 
Ia juga memiliki sejumlah bisnis dan perusahaan teknologi dan pabrik ganja untuk medis. Di media sosial, Barak termasuk mantan PM yang gencar menyerang Netanyahu dan mencibir segala kebijakan pemerintah.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif