Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).

Gempa 5,7 SR Guncang Iran

Internasional gempa bumi
Marcheilla Ariesta • 08 Juli 2019 15:22
Teheran: Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) menggoyang Iran barat daya pada Senin, 8 Juli 2019. Wilayah tersebut berdekatan dengan perbatasan Irak.
 
"Episentrum gempa berada di Masjed Soleiman, di Provinsi Khuzestan pada pukul 11.30 dengan kedalaman 17 kilometer," kata Pusat Seismologi Nasional Iran, dilansir dari AFP.
 
Media setempat melaporkan tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban. Meski demikian, otoritas Iran masih menilai situasi di lokasi usai gempa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gempa terjadi usai Iran mengumumkan akan kembali melakukan pengayaan uranium. Bahkan, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan jumlah pengayaan akan melebihi batas perjanjian nuklir 2015.
 
Baca juga:Iran Umumkan Rencana Melanggar Perjanjian Nuklir
 
Iran menuturkan pengayaan uranium hanya untuk pembangkit listrik saja.
 
Perjanjian Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) itu didesain untuk menjaga Iran dalam mengembangkan senjata nuklir. Iran sebenarnya masih ingin menyelamatkan JCPOA, namun negara-negara Eropa dinilai gagal dalam memenuhi komitmennya terhadap Teheran.
 
JCPOA berada dalam masalah sejak Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian tersebut tahun lalu. Setelah menarik diri, AS menjatuhkan rangkaian sanksi ekonomi terhadap Iran.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif