Pesawat Kehabisan Bahan Bakar, PM Mozambik Telantar
PM Mozambik Carlos Agostinho do Rosario. (Foto: AFP)
Maputo: Dewan Direksi maskapai Lam Airlines asal Mozambik dipecat usai Perdana Menteri dan penumpang lainnya telantar akibat pesawat yang kehabisan bahan bakar.

Perdana Menteri Mozambik, Carlos Agostinho do Rosario, akhirnya menggunakan pesawat angkatan udara untuk perjalanan resmi dari ibu kota, Maputo, ke provinsi Niassa utara.

Lam Airlines yang merupakan maskapai nasional diketahui tengah mengalami krisis keuangan.


Dilansir dari BBC, Sabtu 7 Juli 2018, media setempat melaporkan "kekacauan" di maskapai itu telah berlangsung selama tiga hari.

Beberapa laporan menyebut pemasok bahan bakar untuk Lam Airlines meminta pembayaran dilakukan terlebih dahulu sebelum BBM dikirimkan.

Pihak maskapai menyebut insiden ini "memalukan," tetapi berjanji berupaya keras memastikan penerbangan dapat beroperasi seperti biasa pada Jumat setelah ada intervensi dari pemerintah.

Maskapai meminta maaf kepada PM Rosario dan semua pelanggan lain. Lam Airlines juga meminta mereka yang telah melakukan pemesanan untuk menghubungi pihak maskapai untuk informasi tentang penerbangan mereka.

Larangan beroperasi Lam Airlines selama enam tahun oleh Uni Eropa telah dicabut tahun lalu. Larangan sempat diberlakukan karena UE menilai Lam Airlines kurang mendapat pengawasan.

Mozambik menghadapi krisis keuangan sejak 2015, dan tidak lagi mendapat bantuan asing setelah pemerintah mengakui mendapat pinjaman ilegal sebesar USD1,4 miliar pada 2016.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id