Eduardo Bolsonaro (kanan) bersama PM Netanyahu (tengah) di Yerusalem, 15 Desember 2019. (Foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN)
Eduardo Bolsonaro (kanan) bersama PM Netanyahu (tengah) di Yerusalem, 15 Desember 2019. (Foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN)

Brasil Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Tahun Depan

Internasional brasil
Willy Haryono • 16 Desember 2019 08:35
Yerusalem: Presiden Brasil Jair Bolsonaro akan memindahkan kedutaan besar di Tel Aviv ke Yerusalem tahun depan. Rencana tersebut disampaikan anak Bolsonaro, Eduardo Bolsonaro, dalam pembukaan sebuah misi perdagangan Brasil di Yerusalem, Minggu 15 Desember 2019.
 
"Seperti yang telah dikatakan ayah saya, komitmen (memindahkan kedubes) masih tetap berlaku," ujar Eduardo, yang menjabat sebagai ketua Komite Urusan Internasional dan Pertahanan Nasional Brasil.
 
"Dia akan memindahkan kedubes ke Yerusalem. Langkah tersebut bukan sesuatu yang luar biasa. Pemindahan kedubes sudah seharusnya berlangsung natural dan normal," sambung dia, dilansi dari Jpost.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eduardo berharap pemindahan kedubes Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem dapat menjadi contoh bagi semua negara Amerika Latin.
 
Bolsonaro telah mewacanakan memindahkan kedubes saat masih menjalani masa kampanye pemilihan umum maupun setelah dinyatakan menang. Namun tahun ini, Bolsonaro masih belum dapat mewujudkan janjinya tersebut.
 
Selain memindahkan kedubes, Bolsonaro juga bertekad akan menetapkan kelompok Hizbullah sebagai organisasi teroris. "Kita harus bersama-sama memerangi terorisme. Jika kita ingin mencegah serangan teroris, kita harus memperlihatkan kekuatan," tegas Eduardo yang berdiri didampingi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
 
Menyambut baik kedatangan Eduardo, PM Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Brasil karena telah mendirikan sebuah bangunan misi diplomatik perdagangan di Yerusalem.
 
"Israel akan selalu ada untuk masyarakat Brasil," sebut PM Netanyahu. Selain soal perdagangan, PM Netanyahu mengtakan bahwa pihaknya sedang berusaha keras mewujudkan rute penerbangan langsung antara Israel dan Brasil. Rute semacam itu dinilai PM Netanyahu dapat meningkatkan pariwisata, bisnis dan pertukaran teknologi kedua negara.
 
"Jika kita dapat menyatukan potensi dua negara, maka kita dapat saling membantu," ujar PM Netanyahu kepada Eduardo.
 
Rencana pemindahan kedubes Brasil ke Yerusalem dinilai sejumlah pihak sebagai langkah Bolsonaro meniru Amerika Serikat. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah memicu kontroversi usai memutuskan memindahkan kedubes AS ke Yerusalem pada 2018.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif