Erdogan Nyatakan Kemenangan di Pemilu Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP/Adem Altan).
Istanbul: Recep Tayyip Erdogan menyatakan diri sebagai pemenang dalam pemilihan presiden. Petahana bertahan dari tantangan politik paling serius yang dihadapinya setelah 15 tahun memimpin negara tersebut.

"Bangsa kita telah memberi saya mandat untuk kembali memimpin," katq Erdoga dalam pidato kemenangannya di Istanbul, seperti dilansir dari laman CNN, Senin 25 Juni 2018.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada negara kita sekali lagi. Ini merupakan ujian demokrasi lain dan kami telah berhasil lulus tes ini," imbuhnya.


Kemenangan ini dideklarasikan Erdogan berdasarkan hasil penghitungan suara sementara. Mengetahui hal ini, oposisi tidak tinggal diam. 

Baca: Pemilihan Presiden Turki Sudah Dimulai

Mereka meneriakkan pelanggaran, bahkan mengklaim media pemerintah dan komisi pemilihan memanipulasi hasil. Oposisi dengan lantang mengatakan terlalu dini untuk memastikan hasilnya.

Hasil suara resmi diharapkan keluar pada akhir pekan ini. Jika kemenangan Erdogan secara resmi dikonfirmasi, dia akan mendapat kekuatan baru saat kembali menjabat.

Erdogan memenangkan referendum tahun lalu untuk mengubah sistem parlementer negara itu menjadi presiden eksekutif yang kuat. Dia juga mengatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunannya yang berkuasa (AKP) dan Partai Gerakan Nasionalis yang bersekutu (MHP) bersama-sama mempertahankan kendali mereka atas parlemen.

Erdogan telah memenangkan beberapa pemilihan berturut-turut untuk menjadi pemimpin terlama di Turki. Namun kampanye yang kuat oleh rivalnya, Muhammas Ince memicu spekulasi bahwa ia mungkin gagal untuk menang secara langsung.




(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id