Dari Arab Saudi, Dubes RI Dampingi Nenek Jumanti Pulang
Nenek Jumanti (kiri) bersama Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel di Bandara Riyadh. (Foto: KBRI Riyadh)
Riyadh: Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mendampingi Jumanti, seorang lansia yang sudah 28 tahun hilang kontak dengan keluarganya.

"Saat ini saya sudah di Bandara Riyadh. Sampai di Jakarta sekitar 15.40 nomor penerbangan Emirates EK 340," kata Dubes Agus kepada Medcom.id lewat pesan teks, Senin 14 Mei 2018.

Jumanti binti Bejo Bin Nur Hadi alias Qibtiyah Jumanah pertama kali datang ke Arab Saudi pada 14 Agustus 1990. Nenek asal Bondowoso ini sebelumnya sudah ditangani dan tinggal di rumah singgah KBRI Riyadh sejak pertengahan April lalu.


Baca juga: 28 Tahun Hilang, Nenek 74 Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Nenek Jumanti yang berusia 74 tahun sempat viral di media sosial. Mendengar kabar ini, KBRI Riyadh langsung merespons dan melakukan pengecekan basis data WNI dan nama tersebut tak ditemukan.

Hal ini dipastikan bahwa Nenek Jumanti tidak pernah mengajukan perpanjangan paspor sehingga iqomah (izin tinggal di Saudi) juga tidak terdeteksi.
 
Pelacakan dilakukan KBRI dengan menghubungi majikan dan saudara-saudaranya untuk mencari titik terang keberadaan Nenek Jumanti tersebut.

Enam hari kemudian, KBRI Riyadh mengirimkan nota diplomatik ke Kementerian Luar Negeri Arab Saudi untuk meminta bantuan dalam menelusuri keberadaan Jumanti.
 
Usaha ini belum membuahkan hasil, sehingga pada 27 Maret 2018, Dubes Agus menyampaikan surat khusus kepada Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud yang juga keponakan Raja Salman untuk meminta bantuan.
 
Gubernur Riyadh pun memerintahkan semua instansi untuk membantu KBRI Riyadh dalam menemukan Jumanti dan akhirnya pada 18 April 2018, Jumanti bisa ditemukan dan dijemput Tim Pelayanan WNI KBRI Riyadh untuk diproses hak-haknya dan kepulangannya ke Indonesia. 




(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360