Kapal Inggris dan Iran Bersitegang di Teluk Persia
Kapal HMS Dragon milik Angkatan Laut Inggris. (Foto: Britain Ministry of Defence)
London: Sebuah kapal tipe penghancur asal Inggris sempat bersitegang dengan tiga kapal cepat dari Iran di Teluk Persia. Peristiwa terjadi saat kapal Inggris HMS Dragon sedang melintasi Selat Hormuz.

Seperti dikutip dari kantor berita Express, Selasa 23 Oktober 2018, tiga kapal Iran meminta agar HMS Dragon tetap berada sekitar 1.000 meter dari sisi pelabuhan. HMS Dragon kemudian membunyikan klakson kapal sebanyak lima kali yang merupakan tanda peringatan internasional.

HMS Dragon kemudian mencoba menghubungi ketiga kapal Iran tersebut. Inggris mengingatkan bahwa ketiga kapal itu menghalangi HMS Dragon dalam menyelesaikan perjalanannya di sekitar Teluk Persia.


"Kami di sini untuk menjaga kedaulatan nasional kami, dan kami sedang melakukan operasi rutin," balas Angkatan Laut Iran atau Span Navy.

Setelah sempat bersitegang, tiga kapal Iran itu akhirnya bergerak ke pinggir dan membiarkan HMS Dragon melintas. Jika Iran tidak melakukan hal tersebut, Komandan Carter-Quinn di HMS Dragon berencana menembakkan tembakan peringatan.

"Kami harus mengeluarkan respons tegas," ujar Carter-Quinn. 

Sekitar sepertiga dari ekspor minyak laut dilakukan melalui Selat Hormuz -- termasuk impor gas Inggris dari Qatar.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id