Pengunjuk rasa berdiri di dekat bus yang dibakar di kota Isfahan, Iran, 17 November 2019. (Foto: AFP/STR)
Pengunjuk rasa berdiri di dekat bus yang dibakar di kota Isfahan, Iran, 17 November 2019. (Foto: AFP/STR)

Korban Kerusuhan Demo BBM di Iran Jadi 12 Orang

Internasional iran
Willy Haryono • 19 November 2019 09:40
Teheran: Sedikitnya 12 orang tewas dalam kerusuhan demo menentang penaikan harga bahan bakar minyak di Iran yang dimulai pekan lalu. Sejumlah laporan media lokal menyebutkan angka korban sesungguhnya lebih tinggi lagi.
 
Dikutip dari BBC, situasi sebenarnya di Iran belum diketahui karena pemerintah membatasi akses internet untuk seantero negeri. Namun demonstrasi dilaporkan berlanjut di beberapa kota.
 
Pemerintah Iran mengklaim aksi protes pada Senin 18 November berjalan relatif "lebih tenang" meski masih ada "beberapa masalah kecil."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teheran menegaskan bahwa langkah menaikkan harga BBM hingga 50 persen ini dapat menghimpun dana untuk membantu masyarakat kurang mampu.
 
Kepala Perencanaan Anggaran Iran Mohammad Bagher Nobakht mengatakan, langkah pembatasan dan penaikan BBM diproyeksikan dapat mengumpulkan dana hingga USD2,55 miliar atau setara Rp35 triliun per tahun.
 
Garda Revolusioner Iran menyerukan agar kerusuhan terkait demo BBM saat ini segera diakhiri. Menurut Garda, kekacauan yang terjadi saat ini dipicu oleh tindakan "musuh-musuh" Iran.
 
Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Iran juga telah mengkritik Amerika Serikat yang menyampaikan dukungannya kepada pengunjuk rasa di Teheran dan kota-kota lainnya. Selama ini Iran menganggap AS sebagai salah satu musuh utama mereka.
 
Dukungan AS terhadap pedemo Iran disampaikan Menlu Mike Pompeo dan juga Sekretaris Pers Gedung Putih Stephanie Grisham.
 
"Kami mengecam penggunaan kekerasan mematikan dan juga pembatasan komunikasi besar-besaran terhadap demontran," sebut Grisham, merujuk pada pembatasan internet oleh Iran.
 
Presiden Iran Hassan Rouhani meminta demonstran untuk menghentikan aksi, karena uang dari penjatahan dan penaikan harga BBM akan kembali diberikan kepada masyarakat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif