KPU lakukan sosialisasi dan bimbingan teknis untuk WNI di Tanzania. (Foto: Dok. KBRI Dar es Salaam).
KPU lakukan sosialisasi dan bimbingan teknis untuk WNI di Tanzania. (Foto: Dok. KBRI Dar es Salaam).

KPU Sosialisasi Pemilu 2019 Hingga ke Tanzania

Internasional kpu pilpres 2019
Fajar Nugraha • 11 Februari 2019 20:41
Dar es Salaam: Persiapan untuk Pemilu Presiden 2019 terus dimatangkan khususnya kepada warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Sosialisasi pemilu pun dilakukan kepada WNI di Dar el Salaam, Tanzania.
 
“Pemilu merupakan bukti pengakuan atas keberadaan seorang WNI meskipun sedang berada di luar negeri, salah satunya dengan diberikan hak pilih,” ujar Komisioner KPU, Ubaid Tathowi, saat Sosialisasi Pemilu untuk WNI di Dar es Salaam, Tanzania, 9 Februari 2019.
 
Sosialisasi yang dilakukan atas kerja sama antara KPU, Kementerian Luar Negeri, dan Kedutaan Besar RI Dar es Salaam juga menjadi pembuka untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kawasan Afrika yang diselenggarakan pada 9-12 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim dari KPU dan Kelompok Kerja PPLN Kemenlu RI, perwakilan PPLN dari 11 Perwakilan RI di Afrika (Antananarivo, Abuja, Addis Ababa, Pretoria, Cape Town, Dakar, Windhoek, Harare, Maputo, Nairobi, dan Dar es Salaam). Ini secara total mencakup 42 negara akreditasi, serta para WNI di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam.
 
Sosilisasi ini menjadi cara untuk menjangkau WNI yang berada di luar negeri guna memastikan bahwa hak pilih masyarakat tetap terlindungi. KPU juga memastikan bahwa suara WNI dapat digunakan meskipun berada jauh dari tanah air, menjelang akan diselenggarakannya Pemilihan Umum pada April 2019.
 
Duta Besar RI Dar es Salaam Ratlan Pardede mengharapkan agar penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat berkontribusi untuk terlaksananya Pemilu yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin bangsa terbaik.
 
“Ini adalah tugas bersama, bukan hanya tugas KPU, untuk mensukseskan Pemilu 2019 untuk menjadi LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) dan JURDIL (Jujur, Adil),” sebut Dubes Ratlan, dalam keterangan tertulis KBRI Dar es Salaam, yang diterima Medcom.id, Senin, 11 Februari 2019.
 
Pada kesempatan tersebut, Komisioner KPU telah menyampaikan paparan
umum terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada masyarakat, baik Pileg dan Pilpres, serta menyampaikan hal-hal mendasar yang terkait dengan hal-hal yang perlu diperhatikan masyarakat di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam untuk menjaga hak pilihnya.
 
Setelah penyelenggaraan sosialisasi untuk WNI, tim KPU dan Kemenlu memberikan pembekalan terhadap perwakilan PPLN yang hadir dalam penyelenggaraan Bimtek yang dilakukan selanjutnya. Bimtek ini merupakan bimtek yang ketiga di di kawasan Afrika setelah sebelumnya dilakukan di Pretoria dan Cape Town (Afrika Selatan) pada tahun 2018. Adapun fokus materi Bimtek kali ini adalah persiapan penyelenggaraan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif