Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa 6,4 SR Guncang Lepas Pantai Tonga

Internasional gempa bumi
Willy Haryono • 24 Desember 2018 07:39
Nuku'alofa: Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai Tonga, Senin 24 Desember 2018. Pusat Peringatan Tsunami Pasific (PTWC) melaporkan tidak adanya peringatan tsunami akibat gempa ini.
 
Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyebut gempa terjadi di kedalaman 100 kilometer, dengan episenter terletak sekitar 85 km dari utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa. Tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan.
 
Baea Filimoehala, seorang pegawai Hotel Emerald di Nuku'alofa, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa tidak ada kerusakan yang terlihat di wilayah ibu kota. "Kekuatan gempa relatif kecil," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal tahun lalu, gempa 7,2 SR mengguncang Fiji, negara tetangga Tonga. Setelahnya, peringatan tsunami pun sempat dikeluarkan oleh USGS. Evakuasi besar-besaran pun dilakukan ketika gempa melanda pada pagi menjelang siang hari.
 
Satu tahun sebelumnya pun Fiji juga dilanda gempa berkekuatan 6,8 SR. Gempa terjadi tak lama usai guncangan serupa melanda Tonga. Fiji berdiri di Cincin Api atau Ring of Fire, zona aktivitas tektonik di sekitar Pasifik yang rentan dilanda gempa serta erupsi vulkanik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi