Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: AFP).
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: AFP).

Pompeo ke Arab Saudi Bahas Serangan Balasan Kilang Minyak

Internasional arab saudi
Marcheilla Ariesta • 18 September 2019 07:00
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dilaporkan dalam perjalanan ke Arab Saudi. Pompeo akan membahas serangan balasan atas kilang minyak milik sekutunya tersebut.
 
Wakil Presiden Mike Pence yang mengumumkan perjalanan Pompeo ke Riyadh. Washington mengeklaim punya bukti serangan terhadap instalasi minyak Arab Saudi berasal dari Iran.
 
"Seperti yang dikatakan Presiden (Donald Trump), kami tidak ingin perang dengan siapa pun kecuali Amerika Serikat (sudah) siap," kata Pence dalam pidatonya di Heritage Foundation di Washington, dikutip dari AFP, Rabu, 18 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pence menegaskan AS siap membela kepentingan sekutunya di kawasan tersebut. "Jangan sampai membuat kesalahan mengenai hal tersebut," tegas dia.
 
Seorang pejabat AS mengatakan pemerintahan Trump menyimpulkan serangan akhir pekan lalu melibatkan rudal jelajah Iran. Bukti akan dipaparkan di Sidang Majelis Umum PBB pekan depan.
 
Washington tampak mulai mengeras setelah pemimpin tertinggi Iran mengesampingkan negosiasi dengan AS. Hal ini dinilai mengecilkan harapan untuk pertemuan antara Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani di PBB.
 
Kepada wartawan, Trump mengatakan telah mendinginkan 'kesalahan diplomatik' dengan Teheran. "Saya tidak perah mengesampingkan apa pun, tetapi saya lebih suka tidak bertemu dengannya (Rouhani)," terang dia.
 
Akhir pekan lalu, pabrik pemrosesan terbesar di dunia, Abqaiq, diserang. Ladang minyak Khurais yang menampung 5,7 juta barel per hari (bph), atau enam persen dari produksi global, dirobohkan. Akibatnya harga minyak global melonjak.

 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif