Abu Bakr al-Baghdadi. (Foto: AFP)
Abu Bakr al-Baghdadi. (Foto: AFP)

ISIS Umumkan Pemimpin Baru Gantikan Baghdadi

Internasional isis
Sonya Michaella • 01 November 2019 07:00
Damaskus: Kelompok militan Islamic State (ISIS) menunjuk pemimpinnya yang baru, menggantikan Abu Bakar al-Baghdadi. Ia adalah Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi.
 
Memimpin ISIS sejak 2014, Baghdadi menjadi orang yang paling dicari di dunia. Berkali-kali ia dikabarkan tewas sebelum Baghdadi dinyatakan benar-benar tewas dalam serangan pasukan khusus Amerika Serikat di Idlib, Suriah.
 
"Kami berduka untuk kematian Baghdadi. Tetapi kami sudah punya pemimpin baru, yaitu Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi," kata Abu Hamza al-Quraishi, juru bicara kelompok tersebut, dikutip dari AFP, Jumat 1 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ISIS belum merilis seperti apa rupa pemimpinnya yang baru. Tak banyak juga yang tahu tentang Hashimi al-Quraishi.
 
Dalam pesan berupa audio, ISIS juga menyebut Presiden AS Donald Trump sebagai 'orang tua gila'. Ia memperingatkan AS, para militan dan pendukungnya akan membalas kematian Baghdadi.
 
Operasi AS di kediaman Baghdadi di provinsi Idlib berlangsung pada Sabtu 26 Oktober. Baghdadi dan tiga anaknya meledakkan diri saat dikejar anjing militer AS di sebuah terowongan.
 
Dalam sebuah konferensi pers di Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon, Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menyebut video momen-momen terakhir Baghdadi masih dalam proses penyuntingan.
 
Seorang pejabat Pentagon menyebut jasad Baghdadi telah dikubur di laut. Identitas Baghdadi telah dikonfirmasi 100 persen lewat tes DNA di sebuah fasilitas di Suriah.

 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif