Pesawat maskapai Qantas. (Foto: AFP/DANIEL SLIM)
Pesawat maskapai Qantas. (Foto: AFP/DANIEL SLIM)

244 Warga Australia Dievakuasi dari Wuhan

Internasional virus korona australia
Arpan Rahman • 03 Februari 2020 13:14
Canberra: Lebih dari 200 warga Australia dievakuasi dari Wuhan dan bertolak pulang dalam penerbangan pesawat maskapai Qantas. Wuhan merupakan kota di provinsi Hubei, Tiongkok, yang menjadi pusat penyebaran virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV).
 
Mereka yang dievakuasi telah meninggalkan Hubei sekitar pukul 11.00 waktu Australia. Pesawat dijadwalkan mendarat di pangkalan militer RAAF Base Learmonth di dekat Exmouth, Australia Barat, petang nanti.
 
Usai mendarat, semua penumpang akan dibawa ke Christmas Island dalam pesawat yang lebih kecil. Di pulau tersebut, mereka semua akan dikarantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, CEO Qantas Alan Joyce telah menyampaikan apresiasi kepada empat pilot dan 14 awak kabin yang bersedia menjalankan misi evakuasi ke Wuhan.
 
"Saya berbicara dengan para krua tadi malam. Mereka semua sangat ingin menyelesaikan misi dan mengeluarkan semua warga Australia (dari Wuhan)," kata Joyce, disitir dari Perth Now, Senin 3 Februari 2020.
 
Total 244 orang di dalam pesawat Qantas tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dievakuasi. Mereka kemudian diwajibkan memakai masker bedah.
 
Selama penerbangan, layanan makanan dan minuman dikurangi demi meminimalisasi interaksi antar kru dan penumpang. Pesawat Qantas tersebut akan dibersihkan selama tiga hari saat nanti mendarat di Australia.
 
Pesawat tersebut diklaim memiliki teknologi filter terkini yang mampu menyingkirkan berbagai partikel, termasuk virus, dari udara.
 
Sejauh ini terdapat 12 kasus terkonfirmasi virus korona nCoV di Australia. Sementara total kematian global mencapai 362 orang, dengan kasus infeksi menyentuh angka 17.205.
 
Sebelumnya, Indonesia juga telah mengevakuasi 238 WNI dari Hubei. Mereka semua kini sedang menjalani observasi medis selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif