Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Indonesia Pulangkan 2 TKI Hilang Kontak dari Suriah

Internasional tki suriah
Sonya Michaella • 24 September 2019 05:00
Damaskus: Dua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berhasil kembali ke Indonesia setelah hilang kontak ketika bekerja di Suriah. DP dan MM akhirnya bisa pulang ke asal mereka, Sukabumi dan Mataram, Lombok.
 
DP dan MM sempat hilang kontak selama 9 tahun dan 11 tahun di Suriah. Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Damaskus telah menerima pengaduan mengenai hilangnya mereka berdua.
 
"Tim perlindungan WNI KBRI Damaskus segera merespons pengaduan tersebut serta berkoordinasi dengan otoritas terkait," Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Senin 23 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam waktu yang relatif cepat, KBRI Damaskus dapat menghubungi keduanya dan menampung sementara di shelter KBRI Damaskus sambil menunggu penyelesaian hak-haknya sekaligus proses administrasi pemulangan keduanya ke Tanah Air.
 
DP dan MM dipulangkan bersama 25 TKI lainnya yang mengalami masalah di Suriah pada tanggal 21 September kemarin.
 
Suriah saat ini merupakan daerah konflik dan berdasarkan Kepmenaker Nomor 260 Tahun 2015 merupakan salah satu negara yang tertutup untuk penempatan PMI pada pengguna perseorangan.
 
Langkah pencegahan dan sosialisasi mengenai migrasi aman, reguler dan teratur perlu terus diintensifkan untuk mencegah kasus serupa di masa mendatang.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif