Petugas pemadam berada di salah satu titik kebakaran hutan di Penrose, New South Wales, 10 Januari 2020. (Foto: AFP/SAEED KHAN)
Petugas pemadam berada di salah satu titik kebakaran hutan di Penrose, New South Wales, 10 Januari 2020. (Foto: AFP/SAEED KHAN)

Petugas Berhasil Tangani Kebakaran Super Besar di Australia

Internasional kebakaran hutan australia
Willy Haryono • 13 Januari 2020 15:03
Canberra: Para petugas pemadam kebakaran Australia akhirnya berhasil mengendalikan sebuah kobaran api "super besar" yang berkobar di wilayah pegunungan Gospers Mountain, Senin 13 Januari 2020. Mereka menyebut guyuran hujan sangat membantu dalam upaya pengendalian.
 
Kebakaran hutan di Gospers Mountain telah berkobar tak terkendali selama hampir tiga bulan. Tim pemadam kebakaran New South Wales mengaku bersyukur akhirnya dapat mengendalikan kebakaran tersebut.
 
Mengunjungi area kebakaran hari ini, Komisioner Dinas Pemadam Kebakaran New South Wales Shane Fitzsimmons mengatakan ada sebuah "area kecil yang masih terbakar," namun sebagian besar sudah berhasil dikendalikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kobaran api di Gospers Mountain telah merembet dan sempat bersatu dengan beberapa kebakaran lainnya, yang menjadikan total lahan hangus terbakar mencapai 800 ribu hektare.
 
Otoritas NSW optimistis kebakaran Gospers Mountain dapat segera padam karena Biro Meteorologi Australia memprediksi hujan dengan intensitas 50 milimeter akan mengguyur area pekan depan.
 
"Jika itu benar terjadi, maka ini akan menjadi hadiah Natal, ulang tahun, pertunangan, pernikahan dan kelulusan yang digabung menjadi satu bagi kami semua," ucap Dinas Pemadam Kebakaran NSW, dikutip dari AFP.
 
Krisis kebakaran hutan di Australia berkobar sejak September tahun lalu. Sebagian pihak menyebut kebakaran tersebut dipengaruhi perubahan iklim yang mendatangkan cuaca ekstrem di Negeri Kanguru.
 
Flora dan fauna unik Australia terkena dampak buruk kebakaran hutan. Diestimasi sekitar satu miliar hewan di Australia tewas dalam krisis kebakaran hutan kali ini.
 
Menteri Lingkungan Hidup Australia Sussan Ley mengingatkan bahwa di beberapa area, koala mungkin harus dikategorikan sebagai hewan terancam punah.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif