Pesawat Rusia yang terbakar di bandara. (Foto: AFP)
Pesawat Rusia yang terbakar di bandara. (Foto: AFP)

Rusia Enggan Kandangkan Sukhoi Usai Kebakaran di Bandara

Internasional kecelakaan pesawat rusia
Arpan Rahman • 06 Mei 2019 18:07
Moskow: Rusia mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengandangkan armada Sukhoi Superjet 100 setelah salah satu pesawat terbakar saat mendarat.
 
Dilansir dari laman Sky News, Senin 6 Mei 2019, sekitar 41 orang tewas ketika kebakaran terjadi sesudah jet mendarat darurat di Bandara Internasional Sheremetyevo, utara Moskow.
 
Investigasi kriminal telah diluncurkan menyelidiki insiden ini. Kementerian darurat negara itu mengatakan, pesawat tidak akan dicegah untuk terbang, lapor kantor berita RIA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Video yang diambil dari pendaratan darurat pesawat Aeroflot menunjukkannya memantul saat mendarat dan ujung ekor dilalap api.
 
Ketika jet akhirnya berhenti, peluncur evakuasi tiup dikerahkan dan penumpang melompat keluar. Diketahui, 73 penumpang berada di atas pesawat, dengan lima awak.
 
Baca:Korban Tewas Pesawat Rusia Jadi 41 Orang
 
Aeroflot mengatakan pesawat itu terpaksa kembali tak lama setelah lepas landas, seraya menyalahkan "alasan teknis". Satu anggota kru dan setidaknya dua remaja termasuk di antara yang tewas, menurut komite investigasi Rusia.
 
Menurut Interfax, pesawat -- yang telah menuju kota utara Murmansk -- memiliki tangki penuh bahan bakar ketika melakukan pendaratan hanya 20 menit setelah lepas landas.
 
Pesawat itu dikatakan sempat menabrak landasan pacu tiga kali, menyebabkan bahan bakar dari tangki tumpah dan menyala, menelan bagian belakang badan utama pesawat dalam kobaran api.
 
Jenis SSJ-100 sebagian besar digunakan di Rusia sebagai pengganti pesawat era Soviet yang sudah ketinggalan zaman, tetapi juga digunakan maskapai penerbangan di negara lain, termasuk Armenia dan Meksiko.
 
Pesawat jenis ini telah terlibat dalam kecelakaan fatal sekali sebelumnya, pada 2012, ketika sebuah demonstrasi penerbangan di Indonesia menabrak gunung, menewaskan semua 45 penumpang.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif