Ozzie, gorila tertua di dunia. Foto: Atlanta Zoo/Reuters.
Ozzie, gorila tertua di dunia. Foto: Atlanta Zoo/Reuters.

3 Fakta Ozzie, Gorila Tertua di Dunia yang Mati di Usia 61 Tahun

Internasional Amerika Serikat kebun binatang Hewan Dilindungi Satwa Langka Hewan Langka Gorila tertua di dunia
Cindy • 27 Januari 2022 15:32
Georgia: Gorila jantan tertua di dunia, Ozzie, ditemukan tak bernyawa di Kebun Binatang Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada Selasa, 25 Januari 2022. Ozzie meninggal pada usia 61 tahun. 
 
"Ini adalah kehilangan mendalam bagi Kebun Binatang Atlanta," kata CEO Kebun Binatang Atlanta, Raymond B. King, dikutip dari The Guardian, Kamis, 27 Januari 2022. 
 
Penyebab kematian gorila dengan berat sekitar 125 kilogram (kg) itu belum diketahui. Pihak kebun binatang menyebut selama seminggu terakhir Ozzie memang menunjukkan gejala penurunan nafsu makan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim dokter hewan kebun binatang Atlanta juga menyebut ada sejumlah gejala yang dialami Ozzie sebelum meninggal. Seperti muka bengkak, lemah, tidak bisa makan maupun minum. 
 
Baca: Waspada Indonesia! Omicron Lumpuhkan Ruang ICU di Brasil
 
Berikut kumpulan fakta gorila jantan tertua di dunia Ozzie, dirangkum tim medcom.id:

1. Legenda hidup sejati

Kebun Binatang Atlanta menyatakan, Ozzie telah menjadi 'legenda hidup sejati' bersama Willie B, seekor gorila terkenal yang meninggal pada 2000. Kedua gorila ini dinyatakan sebagai lambang kebangkitan bersama kebun binatang pada era 1980-an. 
 
Ozzie merupakan satu-satunya gorila di generasinya yang masih hidup saat dibawa ke Kebun Binatang Atlanta dalam pembukaan The Ford African Rain Forest pada 1988. 
 
"Kehidupan Ozzie tak terhapuskan dari generasi yang dia tinggalkan, dari populasinya dan pengetahuan dunia terkait pelestarian gorila," kata Raymond. 

2. Meninggalkan banyak keturunan 

Ozzie meninggalkan banyak keturunan untuk Kebun Binatang Atlanta. Dia meninggalkan putrinya Kuchi, putra Kekla, Stadi, dan Charlie, cucu perempuan Lulu, cicit Andi dan Floyd. 
 
Anak-anaknya, cucu, dan cicitnya tinggal di berbagai kebun binatang terakreditasi di sekitar Amerika Serikat dan Kanada. Umur panjang Ozzie merupakan bukti perawatan, keahlian, dan inovasi dari Tim Perawatan Gorila Kebun Binatang Atlanta. 
 
Baca: Rumah Sakit di AS Tolak Transplantasi Jantung untuk Pasien Tak Tervaksinasi

3. Terancam punah

Ozzie yang termasuk gorila dataran rendah memang jenis gorila yang terancam punah. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), selama periode 25 tahun, banyak ancaman terhadap keberadaan gorila dataran rendah. 
 
Ancaman seperti perburuan, perdagangan hewan liar, hilangnya habitat, dan penyakit yang muncul telah mengurangi populasi gorila sebesar 60 persen. Jumlah penurunan bahkan mencapai 90 persen di beberapa bagian di Afrika barat. 
 
Baca: Gawat! 160 Ribu Minyak Mentah Tumpah di Perairan Thailand
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif