Seorang petugas terlihat di area perbatasan Turki. (Foto: DHA/DHA/AFP VIA GETTY IMAGES)
Seorang petugas terlihat di area perbatasan Turki. (Foto: DHA/DHA/AFP VIA GETTY IMAGES)

Warga AS Terduga Militan ISIS 'Terdampar' di Turki

Internasional isis
Willy Haryono • 13 November 2019 17:00
Ankara: Seorang warga Amerika Serikat yang diduga sebagai militan kelompok Islamic State (ISIS) 'terdampar' di sebuah wilayah yang terletak antara perbatasan Turki dan Yunani. Ia berada di sana usai diusir Pemerintah Turki.
 
Terduga militan itu diusir pada Senin 11 November, dalam upaya Turki merepatriasi semua militan asing ISIS yang berada di penjaranya.
 
Kepolisian Yunani menolak kedatangan warga AS tersebut, saat dirinya mencoba melintas dari perbatasan Turki ke kota Kastanies. Pria itu dilaporkan terpaksa harus bermalam di area perbatasan dua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Situs berita Demiroren News Agency mengidentifikasi pria tersebut sebagai Muhammad Darwis B. Ia disebut-sebut sebagai warga AS keturunan Yordania.
 
Seorang warga Turki mengatakan kepada media AFP bahwa Muhammad Darwis B menolak dipulangkan ke AS, dan meminta dikirim ke Yunani.
 
Selasa kemarin, dia masih terjebak di sebuah ruas jalan di antara Turki dan Yunani. Sejumlah saksi mata melihatnya berusaha berteriak meminta perhatian ke arah reporter di wilayah Turki.
 
Nasib dari sisa-sisa militan ISIS telah menjadi masalah sejumlah negara usai grup tersebut berhasil dikalahkan, baik di Suriah maupun Irak.
 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya mengindikasikan bahwa 2.500 militan semacam itu masih ada di sejumlah penjara di Turki.
 
Menurut data George Washington University Program on Extremism, 82 warga AS telah pergi ke luar negeri untuk berperang bersama ISIS sejak 2012. Dari total itu, 19 telah kembali ke AS -- 15 pria dan empat wanita -- dan 13 di antaranya telah dikenai dakwaan terkait terorisme.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif