Ilustrasi Metrotvnews.com
Ilustrasi Metrotvnews.com

Penyakit Misterius Sebabkan Tewasnya 12 Warga Liberia

Internasional penyakit aneh
Fajar Nugraha • 06 Mei 2017 14:26
medcom.id, Monrovia: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya penyakit misterius yang menjangkiti warga Liberia. 12 orang dilaporkan meninggal akibat penyakit ini.
Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan Liberia, Sorbor George, penyakit ini sudah memasuki wilayah Ibu Kota Liberia, Monrovia. Jumlah warga yang terjangkit sudah mencapai 25 orang.
Laporan mengenai penyakit ini didapatkan sekitar seminggu lalu pada 23 April. Gejala penyakit termasuk demam, muntah-muntah, sakit kepala dan diare.
Pihak pemerintah setempat menyebutkan penyakit ini dikaitkan dengan pemakaman seorang pemuka agama di Greenville, Sinoe.
"Seorang pria datang dari Sinoe untuk menghadiri pemakaman di Monrovia dan kemudian dia menderita sakit. Pria itu menunjukkan gejala yang sama dan kemudian meninggal," ujar George, seperti dikutip AFP, Sabtu 6 Mei 2017.
"Setelah pria itu meninggal, kekasihnya pun sakit dengan gejala yang sama dan kemudian meninggal pula," imbuh George.
WHO melaporkan bahwa mayoritas korban tewas terkait dengan pemakaman tersebut.
"Kini pemeriksaan tengan dilakukan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) di Atlanta. Untuk mencari kaitan antara makanan atau minuman yang disajikan pada saat pemakaman ini," tutur Juru Bicara WHO Tarik Jasarevic.
Ahli menilai bahwa penyakit ini tidak mewabah seperti halnya Ebola, meskipun terdapat gejala yang sama. Menurut penilaian Presiden Medecins Sans Frontieres (MSF) Joanne Liu, kemungkinan besar penyakit ini merupakan keracunan makanan.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif