Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Bumi Guncang Area Dekat PLTN Iran

Internasional Gempa Bumi iran
Willy Haryono • 08 Januari 2020 15:06
Borazjan: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang area dekat sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir Iran, Rabu 8 Januari 2020. Pusat guncangan berlokasi sekitar 17 kilometer dari Borazjan dekat PLTN Bushehr.
 
Dilansir dari 9 News, tidak ada laporan korban tewas maupun luka akibat gempa. Status kerusakan bangunan, termasuk di area PLTN, juga belum diketahui.
 
Guncangan terjadi saat Iran meluncurkan belasan roket ke dua pangkalan udara Amerika Serikat di Irak. Di hari yang sama, sebuah pesawat maskapai Ukraina tujuan Kiev jatuh usai lepas landas di Iran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengonfirmasi terjadinya serangan misil di dua pangkalan militer di Irak, yakni di Ain al-Asad dan Erbil. Serangan dilaporkan Pentagon terjadi sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.
 
"Pangkalan al-Asad terkena serangan sedikitnya enam kali," ujar pernyataan resmi militer AS.
 
Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) mengatakan serangan terhadap pangkalan AS di Irak merupakan pembalasan atas kematian jenderal Qassem Soleimani. Soleimani tewas terkena serangan udara AS di Baghdad, Irak, pada Jumat 3 Januari.
 
Sementara mengenai kecelakaan pesawat di Iran, total 176 dinyatakan tewas. Pesawat itu jatuh usai lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran. Media lokal menyebut pesawat jatuh akibat adanya api di salah satu bagian mesin pesawat.
 
Selasa kemarin, lebih dari 50 orang tewas terinjak-injak dalam prosesi pemakaman Soleimani di kota Kerman.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif