PM Israel Lakukan Kunjungan Mendadak ke Oman
PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) bersama Sultan Qaboos di Muscat, Oman, 26 Oktober 2018. (Foto: AFP/Omani Royal Palace)
Muscat: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke Oman. Kunjungan yang tidak diumumkan kepada publik ini merupakan pertanda menghangatnya hubungan kedua negara.

PM Netanyahu datang bersama istrinya, Sara, didampingi Kepala Badan Intelijen Israel Yossi Cohen beserta Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat. Cohen merupakan tokoh Israel yang dilaporkan telah beberapa kali berdiskusi dengan sejumlah petinggi negara Teluk Arab.

Delegasi Israel dilaporkan terbang mendadak ke Oman pada Kamis dan kembali ke tanah air pada Jumat 26 Oktober 2018.


Disitir dari kantor berita Al Jazeera, kantor PM Netanyahu mengatakan kunjungan ini merupakan undangan langsung dari Sultan Qaboos. "Kunjungan juga merupakan hasil dari kontak berkepanjangan antar kedua negara," ungkap kantor PM Netanyahu.

Pernyataan gabungan Israel dan Oman menyebutkan bahwa kedua kubu telah "mendiskusikan berbagai cara untuk mendorong proses perdamaian di Timur Tengah" serta "stabilitas di Timur Tengah."

Oman dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi. Terakhir kalinya petinggi Israel datang ke Oman adalah masa kepemimpinan Shimon Peres pada 1996.

Sebelumnya pada pekan ini, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga melakukan kunjungan tiga hari ke Oman.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id