Seorang simpatisan menunjukkan pin donasi kemanusiaan untuk Palestina. (Foto: Antara/Basri Marzuki)
Seorang simpatisan menunjukkan pin donasi kemanusiaan untuk Palestina. (Foto: Antara/Basri Marzuki)

Indonesia Manfaatkan Posisi Presiden DK PBB untuk Bantu Palestina

Internasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Mei 2019 13:25
Jakarta: Indonesia diberikan kesempatan menjabat Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) selama sebulan. Kesempatan itu dapat digunakan untuk membantu Palestina.
 
Anggota Komisi I DPR RI Bachtiar Aly meminta kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik untuk menggalang dukungan bagi Palestina. Terlebih, Indonesia merupakan salah satu negara yang vokal memperjuangkan kemerdekaan Palestina.
 
“Dari dulu pun kita memang tidak pernah setengah hati. Mengapa saya gunakan istilah setengah hati itu karena dulu kita tidak memiliki power, tidak punya kekuasaan. Nah, sekarang kesempatan itu berdiri tegak di mata kita. Jadi kita sangat berharap agar Indonesia, wakil kita di sana itu betul-betul all out,” kata Bachtiar saat dikutip dari dpr.go.id, Jumat, 10 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus NasDem itu pun memuji Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi. Retno disebut cukup diplomatis memainkan perannya.
 
Bachtiar pun meminta Retno tidak perlu khawatir jika ada pertentangan dari berbagai pihak. Menurutnya, dunia pun telah memahami kekejian Israel terhadap Palestina.
 
“Bahkan sebenarnya para pemikir moderat di Israel telah membuat mereka terpecah karena sudah frustasi dengan perang tersebut. Jadi kita harus gunakan lobi-lobi ini,” ujar dia.
 
Seperti diketahui, Indonesia mengusung tema UN Peace Keeping Operation “Investing in Peace, Improving Safety and Performance of UN Peacekeeping” selama menjabat Presiden DK PBB.
 
Selain itu, Indonesia juga akan menyisipkan permasalahan Palestina secara informal. Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Febrian Ruddyard mengatakan, Indonesia akan selalu mengangkat isu Palestina di PBB.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif