Ilustrasi hukuman mati. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi hukuman mati. (Foto: Medcom.id).

Tiga Cendekiawan Saudi Dikabarkan Terancam Hukuman Mati

Internasional arab saudi
Marcheilla Ariesta • 22 Mei 2019 14:06
Riyadh: Arab Saudi memvonis mati tiga cendekiawan ternama atas tuduhan terorisme. Kabar ini disampaikan dalam sebuah laporan di media Middle East Eye, yang mengutip dua sumber pemerintah Saudi dan salah satu dari tiga cendekiawan.
 
Tiga cendekiawan tersebut adalah Sheikh Salman al-Awdah, Awad al-Qarni, dan Ali al-Omari. Ketiganya akan dieksekusi usai bulan suci Ramadan berakhir.
 
"Mereka (pemerintah Saudi) tidak akan menunggu terlalu lama untuk mengeksekusi orang-orang tersebut begitu vonis mati telah dijatuhkan," ucap seorang sumber yang merupakan kerabat salah satu cendekiawan, dilansir dari laman Aljazeera, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, tidak ada komentar dari otoritas Arab Saudi mengenai laporan tersebut.
 
Al-Awdah merupakan cendekiawan Islam progresif yang terkenal secara internasional. Oleh para ahli di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dia digambarkan sebagai reformis.
 
Sementara al-Qarni dikenal sebagai penceramah, akademisi dan penulis. Sedangkan al-Omari diketahui merupakan penyiar terkenal di sana.
 
Sumber pemerintah Arab Saudi lainnya mengatakan negara mengeksekusi 37 warganya bulan lalu. Langkah ini digunakan sebagai 'balon uji coba' untuk mengukur kekuatan kecaman internasional.
 
Tokoh lama oposisi Arab Saudi, Ali al-Ahmad mengatakan langkah pemerintah mengeksekusi ketiga cendekiawan tersebut sebagai cara untuk meneror warga mereka.
 
Namun, Yahya Assiri, pendiri ALQST, organisasi hak asasi manusia Arab Saudi yang berbasis di London, menyebut laporan Middle East Eye tidak benar. Menurut dia, itu berita palsu.
 
"Tidak ada yang menindas, bertindak brutal dan bodoh. Tidak ada juga yang dihukum atau dieksekusi. Berita ini berbahaya bagi para korban," tuturnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif