Pesawat jet tempur F-35 Lightning II milik Israel. (Foto: AFP/Jack Guez)
Pesawat jet tempur F-35 Lightning II milik Israel. (Foto: AFP/Jack Guez)

Israel Serang Sejumlah Posisi Iran di Suriah

Internasional krisis suriah israel
Arpan Rahman • 21 Januari 2019 12:29
Tel Aviv: Militer Israel mengaku telah melancarkan serangan terhadap sejumlah posisi Iran di Suriah, Senin 21 Januari 2019 pagi waktu setempat. Serangan dilakukan usai Israel mencegat sebuah roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah.
 
"Saat ini kami sedang menyerang Pasukan Quds dari Garda Revolusioner Iran di Suriah," ungkap militer Israel, seperti dikutip dari laman AFP. Israel memperingatkan Suriah untuk tidak mencoba menyerang balik karena sasaran mereka hanya Iran.
 
Pada Minggu 20 Januari, Israel mengaku telah mencegat sebuah roket yang ditembakkan dari arah Suriah. Pernyataan disampaikan usai Damaskus menuduh Israel melakukan serangan udara di wilayah selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat Israel mengumumkan serangan terhadap Iran, kantor berita nasional Suriah SANA melaporkan bahwa sistem pertahanan udara Damaskus telah menembaki serangan "musuh."
 
Grup pengawas Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) menyebut beberapa misil Israel mengenai area bandara Damaskus dan wilayah lainnya sekitar ibu kota. SOHR menyebut misil Israel mengenai gudang senjata Iran dan Hizbullah.
 
Baca:Suriah Sebut Misil Israel Hancurkan Gudang di Damaskus
 
Selama ini, mayoritas serangan Israel di Suriah berpusat di selatan Damaskus. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bertekad tidak akan membiarkan Teheran -- pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad -- memperkuat kehadiran militer di Damaskus.
 
Belakangan, PM Netanyahu dan beberapa petinggi Israel lainnya berbicara lebih terbuka mengenai serangannya terhadap Iran di Suriah. Sejumlah analis menilai PM Netanyahu ingin meningkatkan popularitasnya di bidang keamanan menjelang pemilihan umum pada 9 April mendatang.
 
Namun serangkaian serangan ini berpotensi meningkatkan ketegangan antara Israel dengan Iran, Suriah atau bahkan Rusia.
 
Rusia dan Iran adalah negara pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam menghadapi perang sipil yang mulai berkecamuk di negara tersebut pada 2011.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif