Kapal penjaga pantai Iran berpatroli di sekitar tanker berbendera Inggris Stena Impero milik perusahaan Stena Bulk di dekat pelabuhan Bandar Abbas, 21 Juli 2019. (Foto: AFP/MIZAN/HASAN SHIRVANI)
Kapal penjaga pantai Iran berpatroli di sekitar tanker berbendera Inggris Stena Impero milik perusahaan Stena Bulk di dekat pelabuhan Bandar Abbas, 21 Juli 2019. (Foto: AFP/MIZAN/HASAN SHIRVANI)

Iran Siap Bebaskan Tanker Inggris

Internasional inggris iran
Arpan Rahman • 23 September 2019 09:32
Teheran: Kapal tanker berbeda Inggris bernama Stena Impero, yang ditahan otoritas Iran pada 19 Juli, akan segera dibebaskan. Kabar disampaikan seorang pejabat kemaritiman Iran berdasarkan laporan dari kantor berita Fars.
 
Stena Impero ditahan Garda Revolusioner Iran di Selat Hormuz atas tuduhan pelanggaran aturan kemaritiman. Penahanan dilakukan dua pekan usai Inggris menahan tanker Iran di perairan Gibraltar, yang kemudian dilepaskan pada Agustus lalu.
 
"Setelah 65 hari berlalu, Stena Impero akan segera berlayar dari pelabuhan Bandar Abbas menuju perairan internasional," kata Allahmorad Afifipour, kepala Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran di Provinsi Hormozgan, dilansir dari Telegraph, Minggu 22 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan proses pelepasan Stena Impero dari perairan Iran telah dimulai, namun kasus hukum terhadap kapal tersebut masih terbuka. Nantinya, Iran akan mengumumkan hasil dari proses kasus tersebut.
 
Afifipour tidak menyampaikan informasi tambahan mengenai tanggal serta waktu pasti pelepasan Stena Impero. Namun Kepala Eksekutif Stena Bulk, perusahaan asal Swedia pemilik Stena Impero, menyebut tanker itu dapat dibebaskan dalam waktu dekat.
 
"Kami telah menerima informasi pagi ini, bahwa mereka akan merilis Stena Impero dalam hitungan jam. Jadi, kami kini tahu bahwa keputusan politik untuk membebaskan kapal tersebut telah diambil," ujar Eric Hanell.
 
Berbeda dengan Hanell, juru bicara Stena Bulk Will Marks menolak mengonfirmasi bahwa Stena Impero akan dibebaskan dalam waktu dekat.
 
"Kapal kami masih ditahan, dan negosiasi juga sedang berlangsung. Hingga ada konfirmasi resmi atau kapal tersebut telah berlayar dari perairan Iran, kami belum dapat mengonfirmasi apapun," sebut Marks.
 
Pada 4 September, Iran membebaskan tujuh dari 23 kru Stena Impero. Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Iran hampir setiap hari usai Stena Impero ditahan.
 
Sementara Kemenlu Inggris juga terus memonitor situasi terkait Stena Impero secara seksama. "Kami terus meminta Iran membebaskan Stena Impero dan seluruh kru tersisa yang ditahan secara ilegal," ucap jubir Kemenlu Inggris.
 
"Penahanan ilegal Iran terhadap sebuah kapal di rute pelayaran internasional adalah perubahan yang tidak dapat diterima dan melanggar aturan internasional," pungkasnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif