Ilustrasi kecelakaan kapal. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kecelakaan kapal. (Foto: Medcom.id)

4 ABK WNI Hilang di Perairan Malaysia

Internasional kapal tenggelam
M Rodhi Aulia • 10 Agustus 2019 23:42
Kinabalu: Sebuah kapal berbendera Brunei Darussalam dilaporkan hilang di perairan perbatasan Malaysia-Filipina. Sebanyak empat anak buah kapal (ABK) di antaranya warga negara Indonesia (WNI).
 
"Kapal nelayan tersebut dipastikan hanyut ke perairan Kota Kinabalu Sabah," kata Pengarah Agensi Penguatkuasaan Maritim Sabah, Laksamana Muda Kamaruszaman Hasan seperti dilansir Antara, Sabtu 10 Agustus 2019.
 
Kamaruszaman menjelaskan kapal berwarna oranye itu hilang kontak pada 6 Agustus 2019 sekitar pukul 23.30 WITA. Kemudian Otoritas setempat langsung mencari keberadaan kapal yang membawa sebelas kru termasuk kapten kapal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) turut dikerahkan untuk mencari keberadaan kapal dan kru-nya. Namun hingga berita ini diturunkan, otoritas setempat belum menemukan titik terang.
 
"Kami meminta bantuan pihak lain untuk melakukan penyelamatan apabila menemukan tanda-tanda keberadaan kapal atau krunya," terang dia.
 
Kapal dengan panjang 70 meter ini dipimpin kapten Naseer Ketugi Abdullah berkewarganegaraan Filipina. Kemudian dari sebelas krunya, empat kru berkebangsaan Indonesia.
 
Mereka adalah Idris (43) dengan paspor nomor AT577854, Agus Hariyanto (39) paspor nomor C2472739, Rusli Yusanto (38) nomor paspor C4025107 dan Glori Dwi Santoso (24) paspor nomorC3676801. Sementara itu, Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu dilaporkan sedang berkoordinasi dengan instansi terkait di Negeri Sabah terkait dengan pencarian keempat WNI yang dinyatakan masih hilang.

 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif