WNI di Kanada Galang Dana untuk Sulteng
Warga memasang tulisan doa untuk keluarganya di lokasi terdampak pergerakan atau pencairan tanah (likuifaksi) di Balaroa Palu, Sulawesi Tengah, Selasa 9 Oktober 2018. (Foto: Antara/YUSRAN UCCANG)
Calgary: Komunitas kecil warga negara Indonesia di Calgary, Kanada, beramai-ramai menggalang dana untuk membantu meringankan para korban gempa bumi dan gelombang tsunami di Sulawesi Tengah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban jiwa akibat musibah tersebut mencapai 1.944 orang.

Para WNI di Calgary terus memantau televisi dan telepon genggam masing-masing untuk memantau perkembangan terbaru usai gempa dan tsunami melanda Sulteng pada 28 September.

"Saya berasal dari Sulawesi, tapi dari bagian selatan," kata Herlinda Lanto, salah satu WNI di Calgary, seperti dikutip dari kantor berita CBC, Senin 8 Oktober 2018.


Wilayah terparah terdampak gempa dan tsunami adalah Palu, dengan angka kematian melampaui 1.000 orang. Sementara jumlah sisa korban berasal dari Donggala, Sigi dan wilayah sekitarnya di Sulteng.

"Paman saya tinggal di sana, dan saat musibah terjadi, saya belum mendengar kabar apa-apa lagi darinya. Dua hari berselang, kami akhirnya mengetahui dia telah dievakuasi ke Makassar," tutur Lanto.

Baca: Rusia Kirim 24 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Sulteng

Ratusan orang masih dinyatakan hilang akibat bencana alam di Sulteng. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut proses perbaikan infrastruktur akibat musibah ini membutuhkan waktu sedikitnya dua tahun.

"Beberapa jam usai bencana, saya mendapat sejumlah foto dan video di telepon genggam. Saya mempunyai beberapa teman di sana, dan saya mencoba menghubungi mereka. Beruntung, sebagian besar dari mereka baik-baik saja," tutur Eddie Sachri, WNI lain yang tinggal di Calgary.

Sachri mengatakan komunitas WNI di Calgary menggelar penggalangan dana di restoran bernama Indonesian Kitchen di International Avenue. Acara yang lebih besar tengah dirancang untuk digelar bulan ini.

 



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id