Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah acara di kota Izmir. (Foto: AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah acara di kota Izmir. (Foto: AFP)

Turki Kembali Tangkap Ratusan Orang Terkait Upaya Kudeta

Internasional turki
Arpan Rahman • 15 Januari 2020 17:05
Izmir: Otoritas Turki telah menangkap ratusan orang yang diyakini memiliki keterkaitan dengan terduga pemimpin di balik percobaan kudeta di tahun 2016. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh ulama Fethullah Gulen sebagai dalang utama di balik upaya kudeta tersebut.
 
Dirilis dari UPI, Selasa 14 Januari 2020, lebih dari 200 orang ditahan lewat surat perintah penangkapan di kota Izmir. Dari mereka yang ditangkap, ada enam pilot pesawat jet tempur dan empat kepala polisi.
 
Terdapat pula puluhan prajurit aktif dan mantan personel militer yang dituding terkait dengan Gulen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erdogan sejak lama telah meyakini Gulen sebagai tokoh di balik upaya penggulingan dirinya. Pergerakan sosial dan budaya Gulen, yang diyakini memiliki jutaan pengikut di Turki, telah dilabeli Erdogan sebagai organisasi teroris.
 
Mengenai penangkapan, otoritas Turki mengaku telah mengidentifikasi terduga pengikut Gulen dengan mengawasi komunikasi telepon antara "penyusup" militer dan para "penadahnya"
 
Sebagian besar penangkapan kali ini dilakukan di dalam dan sekitar Izmir. Banyak warga di kota tersebut merupakan pengikut dari Gulen, yang meninggalkan Turki menuju Amerika Serikat di tahun 2000. Saat ini Gulen hidup terasing Pennsylvania.
 
Turki telah menangkap ratusan orang sejak percobaan kudeta 2016. Namun hingga saat ini, Ankara belum juga bisa meyakinkan AS untuk mendeportasi Gulen.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif